Nakes RSI Siti Hajar Sidoarjo Gelar Upacara HUT RI dengan Kenakan Pakaian Adat

Suparno - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 11:48 WIB
RSI Siti Hajar Sidoarjo
Karyawan RSI Siti Hajar Sidoarjo gelar upacara dengan pakaian adat (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Para dokter, perawat, staf dan pegawai RSI Siti Hajar Sidoarjo menggelar upacara HUT ke-76 RI di halaman rumah sakit. Mereka mengenakan pakaian adat.

"Kalau tahun lalu kita memakai baju hazmat, kali ini kita mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi. Sama seperti tahun lalu, upacara digelar di masa pandemi. Namun kita mengikuti protokol kesehatan dengan ketat," kata Direktur RSI Siti Hajar dr Hidayatullah, Selasa (17/8/2021)

Hidayatullah mengapresiasi seluruh karyawan rumah sakit yang ia pimpin, karena di masa pandemi menjadi garda terdepan di sektor kesehatan juga penjaga keseimbangan di sektor ekonomi.

Upacara yang diikuti sekitar 90 orang tersebut, jelas Hidayatullah, tidak mengganggu pelayanan. "Jumlah karyawan kita sekitar 700 orang yang terbagi dalam tiga shift. Nah yang ikut upacara ini mereka yang tidak sedang bertugas. Sehingga pelayanan tetap berjalan normal," jelas Hidayatullah.

RSI Siti Hajar SidoarjoFoto: Suparno

Di sela-sela upacara, Hidayatullah memberikan bantuan kepada keluarga karyawan yang meninggal, khususnya pada masa pandemi.

"Seperti tahun lalu, kita bantu biaya sekolah. Tadi kita juga menyerahkan bantuan kembali kepada keluarga almarhum," terangnya.

Selama masa pandemi, tenaga kesehatan RSI Siti Hajar Sidoarjo yang meninggal berjumlah 8 orang yang terdiri dari dokter dan perawat.

"Beberapa waktu lalu, ada sekitar 100 nakes kita yang terpapar, baik confirm maupun probable. Tapi rata-rata tidak bergejala maupun bergejala ringan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 orang dirawat di rumah sakit, sedangkan sisanya isolasi mandiri," ujarnya.

Tentang kondisi pasien COVID-19 di RSI Siti Hajar saat ini, Hidayatullah mengatakan, sudah tidak ada lagi pasien COVID-19 yang stagnan di UGD.

"Pada Bulan Juni sampai Juli 2021, di atas 50 pasien COVID yang masuk per harinya hingga kita menyediakan IGD tambahan. Tetapi pada bulan Agustus ini di bawah 10 orang. Sekarang ini kami merawat 70 pasien COVID. Kita mempunyai 154 bed isolasi penderita COVID-19. Semoga saja pasien COVID terus menurun," harapnya.

Hidayatullah menambahkan bahwasanya setelah kesulitan pasti ada kemudahan. "Semoga warga yang terpapar segera pulih dan berkumpul kembali dengan keluarga. Semoga pandemi ini segera berakhir agar masyarakat bisa beraktifitas seperti sedia kala," tandas Hidayatullah.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(iwd/iwd)