Upacara HUT RI di Pasuruan, Bendera Merah Putih 17 Meter Dikibarkan di Sungai

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 11:59 WIB
upacara hut ri di pasuruan
Warga menghormat kepada bendera merah putih (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Warga Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan menggelar upacara memperingati HUT RI ke-76 di sungai. Dalam upacara ini, warga mengibarkan bendera berukuran besar di atas bendungan air.

Upacara yang diikuti puluhan orang ini menerapkan protokol kesehatan. Pimpinan upacara HUT RI dan pengibar bendera berada di atas bendungan tua peninggalan Belanda, sementara peserta berada tepi kedua sisi sungai.

Rangkaian upacara dilakukan seperti biasa. Namun yang berbeda saat pengibaran bendera berukuran 17 X 8 meter. Seluruh peserta mengambil sikap hormat kepada merah putih raksasa yang dibentangkan perlahan diiringi lagu kebangsaan. Upacara berlangsung khidmat.

Ketua Pokdarwis setempat, Heru Yulian Bayuardi mengatakan upacara dilakukan di sungai bertujuan mengingatkan warga agar menjaga lingkungan. Apalagi selama ini bendungan yang ada di sungai dijadikan objek wisata desa.

"Selain memperingati HUT RI ke-76, kami ingin kampanye agar warga terus menjaga sungai," kata Heru, Selasa (27/8/2021).

Menurut Heru, ukuran bendera merah putih 17 X 8 meter juga dilakukan secara sadar. Yakni melambangkan tanggal 17 Agustus.

"Ide teman jahit bendera 17 X 8 meter," ungkapnya.

Selain diikuti puluhan peserta, prosesi upacara juga dihadiri ratusan warga. Mereka datang untuk melihat upacara yang dilakukan di sungai.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(iwd/iwd)