Sirene Mobil Damkar Bakal Warnai Detik-detik Proklamasi di Medan

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 15:23 WIB
Petugas pemadam kebakaran kerap jadi tumpuan dalam membantu warga saat terjadi bencana. Seperti apa aktivitas mereka saat sedang tak bertugas? Yuk, lihat.
Ilustrasi mobil damkar. (Pradita Utama/detikcom)
Medan -

Sejumlah kegiatan untuk mewarnai peringatan detik-detik proklamasi dilakukan di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Salah satunya dengan menghidupkan sirene dari mobil pemadam kebakaran (damkar).

Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk, mengatakan pihaknya akan menghidupkan sirene selama tiga menit. Hal ini dilakukan mulai pukul 10.17 sampai 10.20.

"Iya, besok akan dihidupkan sirene selama 3 menit saat detik-detik proklamasi," kata Albon saat dikonfirmasi, Senin (16/8/2021).

Albon mengatakan akan ada 5 mobil damkar yang dikerahkan saat kegiatan itu. Sirene dari 5 mobil ini akan dihidupkan di 5 titik di Kota Medan.

"Di Lapangan Merdeka, di Brayan, di depan Carrefour Gatot Subroto, kemudian di depan Lapangan Teladan, dan di daerah Medan Belawan," ucapnya.

Albon kemudian mengimbau warga menghentikan aktivitas saat detik-detik proklamasi besok. Dia meminta warga berdoa untuk mengenang pahlawan kemerdekaan.

"Supaya kita benar-benar bisa menghentikan aktivitas, semacam mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan," jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov Sumut juga telah mengeluarkan imbauan agar warga menghentikan aktivitas selama detik-detik proklamasi. Warga diminta berhenti selama 3 menit.

"Yang di jalan, di rumah, di mana pun hentikan aktivitas, hanya tiga menit," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumut, M Fitriyus, melalui keterangan tertulis, Kamis (12/8).

Fitriyus mengatakan kegiatan itu dilakukan mulai pukul 10.17 sampai 10.20 WIB. Akan ada petugas di jalan yang menginstruksikan warga untuk menghentikan aktivitas.

"Untuk di jalan raya ada polisi yang akan bertugas. Mari kita gunakan waktu tersebut untuk mengenang pengorbanan pahlawan kita dan mendoakan mereka serta negara yang kita cintai ini," tutur Fitriyus.

(jbr/jbr)