Densus 88 Amankan 5 Terduga Teroris di Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 16:08 WIB
penangkapan teroris di surabaya
Salah satu lokasi penangkapan teroris di Surabaya (Foto file: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Densus 88 menangkap terduga teroris di wilayah Jawa Timur. Penangkapan dilakukan sejak Sabtu (14/8/2021). Terduga teroris tersebut diamankan dari 5 daerah di Jawa Timur.

"Iya benar. Teman-teman Densus 88 melakukan kegiatan penangkapan terhadap terduga teroris yang ada di Jatim," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko kepada wartawan di Mapolda Jatim usai pelepasan gerakan pembagian 76 ribu bendera merah putih Indonesia Tanggguh Indonesia Tumbuh, Senin (16/8/2021).

Rinciannya, 1 orang diamankan di Lamongan, Tuban 1 orang, Sidoarjo 1 orang, 1 orang dari Surabaya dan 1 warga Malang.

"Info sementara yang kami dapatkan itu ada 5 tersangka. Dua diamankan di Lamongan, satu di Sidoarjo, satu di Surabaya, dan satu lagi di Malang," tambahnya.

Kini, semuanya masih dalam penanganan Densus 88 dan pendalaman.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli HandokoKabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko/ Foto: Amir Baihaqi

"Pendalamannya di mabes. Nanti lengkapnya kita dari mabes," tegasnya.

Sebelumnya, Densus 88 mengamankan terduga teroris di Jalur Pantura Tuban. Terduga teroris tersebut diamankan di Jalan dr Wahidin Sudiro Husodo Tuban. Setelah itu dilanjutkan penangkapan seorang terduga teroris di Lamongan. Mereka diamankan, Minggu (15/8/2021) sore.

Pagi tadi, terduga teroris di Jalan Jagir Wonokromo, Surabaya, berinisial E diamankan. Dari lokasi ini, densus menggeledah workshop atau bengkel usaha aluminium dan rumah pribadi milik E. Tim Densus 88 yang berpakaian preman membawa sejumlah barang seperti buku, berkas, HP dan beberapa kotak amal.

Setelah itu Densus 88 meringkus terduga teroris di Sedati Gede, Sidoarjo, FM (38) pagi tadi. Penangkapan yang diteruskan dengan penggeledahan di rumah terduga teroris tersebut membuat warga kaget.

(fat/fat)