25 Keluarga di Jombang Terima Bantuan Daging Ayam Busuk

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 15:16 WIB
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan ke keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Jombang belum sepenuhnya layak konsumsi. Ada 25 keluarga yang menerima daging ayam busuk.
Bantuan daging ayam busuk yang diterima warga/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
"Akhirnya saya kasihkan kucing. Baru kali ini baunya busuk," ungkapnya.

Suami Pemilik e-Warong Riya Pangestu, Sifak menjelaskan, setiap bulan ia melayani 230-250 KPM penerima BPNT dari Kemensos. Sebagai agen mandiri, ia mengaku mengambil daging ayam dari penyuplai di Desa Kepuhkajang, Kecamatan Perak, Jombang.

"Itu sebenarnya ayam segar, ayam potong. Ada beberapa KPM ambilnya malam. Sudah saya freezer, cuman kalau terlalu lama di luar agak kurang (kualitasnya). Kalau ambil pagi tidak masalah," dalihnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Hari Purnomo menuturkan, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk mengecek BPNT berupa daging ayam busuk yang diterima KPM di Desa Sukorejo. Hasilnya, terdapat 25 keluarga yang menerima daging ayam tak layak konsumsi. Terdiri dari 4 KPM di Dusun Pedes dan 21 KPM di Dusun Tronyok.

"Cek lapangan ada 25 KPM menerima ayam kurang layak. Kami sudah menegur lisan kepada agen dan kami minta untuk melakukan return komoditi," pungkasnya.


(sun/bdh)