9 Rumah Warga Terdampak Peledakan Bendungan Bagong Trenggalek Diperbaiki

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 10:08 WIB
Terdampak Peledakan, Kontraktor Bendungan Bagong Pastikan Rumah Warga Telah Diperbaiki
Rumah warga Trenggalek diperbaiki (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Pelaksana pembangunan proyek nasional Bendungan Bagong, Trenggalek memastikan seluruh rumah yang rusak akibat peledakan perbukitan telah diperbaiki. Perbaikan dilakukan terhadap 9 rumah warga Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan.

Project Manager PT PP Jatiwangi KSO Bendungan Bagong, Lilik Malikhi Anta, mengatakan jumlah rumah yang terdampak lebih sedikit dibanding dengan klaim 21 bangunan yang sempat disampaikan Kades Sumurup, Budianto.

"Kami sudah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk perbaikan rumah warga dan Alhamdulillah sudah tuntas. Kalau jumlahnya 9 rumah, karena setelah kami verifikasi di lapangan bersama warga dan perangkat, ya hanya itu," kata Lilik Malikhi, Jumat (13/8/2021).

Menurutnya proses perbaikan rata-rata adalah penggantian atap rumah jebol terkena lontaran batu peledakan. Selain perbaikan rumah, pihaknya juga melakukan pemeriksaan medis salah seorang lansia yang sempat syok saat terjadi peledakan.

"Untuk lansia yang terkejut itu, terus kami lakukan pemantauan kesehatannya oleh tim medis proyek. Kondisi kesehatannya sampai saat ini cukup baik," imbuhnya.

Disinggung rencana peledakan atau blasting selanjutnya, Lilik mengaku akan memperketat sistem pengamanan, serta mengatur ulang jumlah titik ledakan. Hal itu dilakukan agar lebih aman bagi lingkungan di sekitarnya.

"Blasting selanjutnya, kami menambahkan beberapa metode kerja, seperti penambahan pagar pengaman blasting, penggunaan selimut blasting pada titik peledakan sebagai antisipasi flying rock atau lontaran batu," jelas Lilik Maliki.

Di sisi lain proses sosialisasi rencana peledakan juga kembali dilakukan kepada masyarakat sekitar lokasi proyek. Pihaknya berkomitmen untuk menjalankan prosedur yang benar guna menghindari insiden serupa terulang.

Sebelumnya Sabtu (7/8/2021) terjadi insiden rusaknya sejumlah rumah penduduk di Desa Sumurup, akibat lontaran batu dari titik peledakan perbukitan di lokasi proyek Bendungan Bagong.

PT PP Jatiwangi KSO Bendungan Bagong mengklaim kejadian itu di luar prediksi, sebab seluruh tahapan dan prosedur peledakan telah dijalankan oleh kontraktor maupun vendor yang ditunjuk. (fat/fat)