Saat Barongsai Ikut Antre Vaksinasi COVID-19 di Kota Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 14:10 WIB
Warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 di Pendopo Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan dihibur barongsai. Atraksi kesenian ini mengusir penat warga yang tengah antre.
Warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 dihibur barongsai/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 di Pendopo Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan dihibur barongsai. Atraksi kesenian ini mengusir penat warga yang tengah antre.

Barongsai itu sengaja didatangkan petugas Polsek Gadingrejo ke Gerai Vaksin Merdeka Semeru, dari Klenteng Tjoe Tik Kiong, Pasuruan. Petugas berharap warga yang antre vaksin bisa lebih santai dengan adanya hiburan.

Barongsai berwarna kuning kombinasi warna emas itu muncul ke pendopo kecamatan saat ratusan warga antre. Di depan pendopo barongsai langsung melakukan atraksi. Barongsai kemudian masuk ke pendopo, berkeliling dan menari.

Warga mengabadikan tarian singa itu melalui kamera ponsel. Warga tampak terhibur, tersenyum dan tertawa.

Setelah puas menghibur warga, penari barongsai kemudian ikut antre vaksin. Kebetulan keduanya belum vaksinasi COVID-19. Baik dosis I maupun II.

"Hari ini Polres Pasuruan melaksanakan vaksinasi secara serentak dengan target 1.000 dosis. Di wilayah Gadingrejo, ada 100 dosis," kata Kapolsek Gadingrejo, Kompol Timbul Wahono, Kamis (12/8/2021).

Sementara M Sholikhin, salah satu pemain barongsai menuturkan, selain bisa menghibur ia juga memang sengaja ikut vaksin. Ia mengakui belum vaksinasi COVID-19.

"Tadi dikasih tahu bisa vaksin sekalian," terangnya.

Yunus, salah satu warga yang antre vaksinasi COVID-19 mengaku senang dengan kehadiran barongsai. Atraksi itu ia sebut mengusir lelah.

"Kebetulan saya semalam kurang istirahat. Tapi kalau nggak sekarang kapan lagi divaksin," ungkapnya.

(sun/bdh)