Polisi Banyuwangi Ajak Perguruan Silat Tak Konvoi Saat Malam Suro

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 16:27 WIB
Polisi Banyuwangi Ajak Perguruan Silat Tak Konvoi Saat Malam Suro
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Polresta Banyuwangi meminta perguruan silat tidak menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan saat perayaan Tahun Baru Islam atau penanggalan Jawa malam 1 Muharam. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan COVID-19 di Banyuwangi.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan silaturahmi dan pembacaan komitmen bersama perguruan silat di Banyuwangi, dalam perang terhadap COVID-19 di Mapolresta Banyuwangi, Senin (9/8/2021). Hadir seluruh pimpinan penak silat dan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, pihaknya mengajak pendekar di Banyuwangi untuk mentaati protokol kesehatan dimasa pandemi. Oleh karena itu pihaknya berharap tidak ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Salah satunya konvoi pada bulan Suro ini.

"Tentu kami berharap untuk tidak ada konvoi selama bulan Suro ini. Kami harap protokol kesehatan tetap dijaga," ujarnya saat membuka acara di Rupatama Mapolresta Banyuwangi.

Nasrun mengaku, dalam situasi pandemi COVID-19, pemerintah beserta seluruh pihak terkait serta komponen masyarakat lainnya telah berupaya untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 dengan berbagai cara. Selain itu perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah Kab Banyuwangi perlu menjadi perhatian bersama.

"Kami harap para pendekar, pengurus perguruan silat dan pengurus IPSI menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan. Kita juga minta kepada pengurus perguruan silat untuk bisa mengendalikan massa selama pandemi COVID-19," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Harian IPSI Kabupaten Banyuwangi, Janoto mengatakan saat ini ada 26 perguruan silat. Selama pandemi COVID-19, hanya digelar latihan secara internal.

"IPSI Banyuwangi belum melaksanakan kejuaraan maupun kompetisi. Ini kita lakukan karena masa pandemi COVID-19. Sedangkan animo serta antusias dari para siswa perguruan silat sangatlah besar," ujarnya.

Pihaknya berharap, ada sebuah ajang kompetisi selama pandemi ini dengan digelar secara virtual. Agar bakat dari masing masing siswa dapat berkembang dan menghasilkan prestasi.

Acara tersebut juga dilakukan deklarasi mendukung Program maupun Upaya Pemerintah Dalam menanggulangi COVID-19, yang dilakukan ketua dan pengurus Perguruan Silat se Kabupaten Banyuwangi. Mereka berkomitmen menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif. (fat/fat)