Puskesmas di Sumenep Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp 75 Juta

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 11:19 WIB
kebakaran puskesmas di surabaya
Kebakaran puskesmas di Sumenep (Foto: Istimewa/detikcom)
Surabaya - Puskesmas Gapura yang berlokasi di Jalan Raya Gapura, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura terbakar dini hari tadi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Tidak korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini," kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Senin (9/8/2021)

Dari informasi yang dihimpun detikcom, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Saat itu, saksi mata bernama Basri, pegawai honorer Puskesmas Gapura, mendapat informasi ada percikan api di atas bangunan kantor puskesmas hingga terlihat sambungan kabel yang semakin membesar.

Basri yang rumahnya berada persis di depan Kantor Induk Puskesmas langsung berteriak dan meminta tolong tetangga sekitar untuk meminta bantuan memadamkan api. Dia juga memberi tahu petugas pemadam kebakaran. Sekitar 20 menit, petugas pemadam kebakaran dan Polsek Gapura dan Forpimka mendatangi lokasi kejadian tersebut.

"Sesampainya di lokasi petugas damkar berusaha memadamkan api dan kobaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 03.30 WIB," tambahnya.

Dalam kebakaran ini, ada sejumlah arsip, data pasien hingga rekam Medis di Ruang DDTK yang ikut terbakar. Ada pula sejumlah kursi, rak hingga lemari arsip yang ikut dilalap api.

"Diperkirakan kerugian materiil sebesar Rp 75 juta," pungkasnya. (hil/fat)