Sesosok Jenazah Ditemukan, Keluarga Korban KM Bintang Sonar Minta Autopsi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 20:45 WIB
kapal nelayan tenggelam di banyuwangi
Evakuasi korban (Foto: Dok Basarnas Banyuwangi)
Banyuwangi -

Sesosok mayat ditemukan di sekitar Pantai Plengkung, Alaspurwo, Banyuwangi. Diduga mayat tersebut adalah korban dari KM Bintang Sonar yang hilang di perairan tersebut. Namun setelah dievakuasi, para keluarga korban tidak mengenali jenazah yang ditemukan tersebut.

Hingga akhirnya, jenazah mr X yang ditemukan itu dibawa ke RSUD Blambangan Banyuwangi untuk dilakukan autopsi untuk mengetahui identitas jenazah itu.

Kasatpolairud Polresta Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza mengatakan jenazah laki-laki tersebut ditemukan di sekitar perairan Pantai Plengkung, Alaspurwo. Jenazah kemudian dievakuasi melalui jalur darat dengan cara ditandu, lantaran perairan di sekitar Pantai Plengkung tidak bersahabat.

"Sekitar 3 jam perjalanan darat. Sempat akan dinaikkan perahu karet, tapi ombak dan gelombang tinggi di sekitar Plengkung," ujarnya kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Selanjutnya, jenazah dibawa ke PKU Muncar untuk identifikasi jenazah. Namun sayang, dari 4 keluarga korban hilang KM Bintang Sonar tidak mengenali korban sebagai kerabatnya. Oleh karena itu, pihaknya langsung membawa jenazah ke RSUD Blambangan Banyuwangi.

"Kita bawa ke RSUD Blambangan Banyuwangi karena disana alatnya memadai untuk identifikasi," tambahnya.

Pencarian 4 orang hilang KM Bintang Sonar, kata Jeni, dilakukan oleh tim gabungan dari Satpolairud, TNI AL, SAR, Basarnas dan nelayan. Namun karena terkendala dengan tingginya gelombang dan ombak.

"Kita berupaya maksimal melakukan pencarian. Sementara masih terkendala gelombang tinggi dan ombak," pungkasnya.

(iwd/iwd)