Pengunggah Video Viral Intimidasi Nakes RSUD BDH Surabaya Minta Maaf

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 22:25 WIB
rsud bhakti dharma husada
Pengunggah video intimidasi nakes di RSUD BDH meminta maaf (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

Pengunggah video sekelompok orang menggeruduk dan mengintimidasi nakes RSUD Bhakti Darma Husada (BDH) Surabaya karena dituding meng-COVID-kan pasien yang meninggal meminta maaf. Pelaku berjanji tak akan mengulangi hal itu lagi.

"Selamat malam. Saya atas nama Sandy Lekatompessy, dalam hal ini saya ingin mengklarifikasi permasalahan video yang saya update di TikTok," ujar Sandy seperti dalam video permintaan maafnya yang dilihat detikcom, Rabu (5/8/2021).

Pelaku menyampaikan maaf di sebuah video yang diunggah di akun TikTok-nya. Dalam video berdurasi 1.01 menit itu ia mengaku hanya sekedar mengunggah dan tak tahu permasalahan yang terjadi.

"Saya jujur, saya tidak tahu permasalahan di rumah sakit BDH. Dan atas izin saya pribadi ingin menyampaikan permohonan maaf bagi rumah sakit BDH. Dan saya berjanji tidak akan terulang lagi kejadian seperti ini," ungkapnya.

"Sekali lagi saya meminta maaf kepada rumah sakit BDH, Surabaya. Terima kasih selamat malam," imbuh Sandy.

Kasus video sekelompok orang yang menggeruduk RSUD BDH dipicu karena ada pasien COVID-19 yang meninggal. Karena tak terima di-COVID-kan, sekolompok orang itu kemudian mendatangi rumah sakit dan sempat mengintimidasi tenaga kesehatan.

Kanit Reskrim Polsek Benowo, Ipda Jumeno menjelaskan peristiwa dalam video tersebut terjadi pada 26 Juli lalu. Ia menyebut aksi itu hanya salah paham saja. Sebab keluarga pasien yang meninggal ternyata sudah tahu dan menerima pasien meninggal karena COVID-19.

"Jadi yang meninggal ini kan bibi dari Arthur. Nah si Arthur ini kan ketua paguyuban pemuda dari Ambon. Arthur ini sudah tahu bibinya meninggal karena COVID dan menerima," tutur Jumeno.

"Nah, saat Arthur ini pulang dari rumah sakit setelah mengurus jenazah bibinya, tiba-tiba teman-temannya datang ke rumah sakit dan kejadian itu. Tahu itu Arthur kemudian menegur teman-temanya itu," imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah orang memprotes sebuah rumah sakit di Surabaya. Mereka mengancam akan membakar rumah sakit hingga mengintimidasi nakes. Video kejadian itu viral dalam video berdurasi 2.41 menit.

(iwd/iwd)