Tim KKN UPN Jatim Gelar Webinar Tingkatkan Awareness pada Hoaks dan COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 20:15 WIB
Bonek terus memberikan bantuan kemanusiaan di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya memberikan bantuan oksigen gratis kepada warga yang terpapar COVID-19.
Tim KKN UPN Jatim gelar webinar edukasi/Foto: Istimewa
Surabaya -

Dampak pandemi COVID-19 dirasakan berbagai sektor dan aspek di Indonesia. Di tengah keadaan yang serba memprihatinkan, hoaks seputar COVID-19 semakin menggila.

Dalam situs resmi Kominfo diterangkan, hoaks bertebaran di beberapa platform seperti Facebook, Twitter, YouTube serta WhatsApp. Hoaks COVID-19 bervariasi. Mulai pada suntingan video berita tentang COVID-19, data sebaran COVID-19 di sebuah daerah, kebijakan pemerintah terkait COVID-19, tentang korban meninggal akibat COVID-19 serta vaksin COVID-19.

Keprihatinan akan rendahnya kesadaran masyarakat terkait informasi akurat mengenai COVID-19, menjadi dasar bagi Tim KKN UPN Jawa Timur 2021 (kelompok KKN 19, 20 dan 21) untuk menggelar The Webinar Series: Hoax & COVID-19.

Webinar edukasi tersebut diselenggarakan melalui platform Zoom. Kelompok 19 menyelenggarakan pada tanggal 22 Juli 2021, sedangkan kelompok 20 dan 21 pada 24 Juli 2021.

Webinar kelompok KKN 19 menghadirkan pembicara Dyva Claretta dan Pri Handayani. Dyva merupakan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Jawa Timur, yang memiliki fokus bidang kajian dan kegiatan pengabdian masyarakat pada literasi digital di keluarga.

Sedangkan Pri merupakan ketua kelompok kerja perempuan dan anak dalam Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jawa Timur, yang juga sekaligus ketua Forum Masyarakat Peduli Media.

Dihadiri oleh sekitar 65 partisipan yang beragam asal daerah dan instansinya, webinar edukasi ini mendiskusikan tentang bagaimana perempuan dapat berperan pada pengelolaan informasi, serta menyikapi kondisi COVID-19 secara bijak dalam keluarga.

Webinar edukasi yang diselenggarakan kelompok KKN 20 mengangkat 2 topik berbeda, dari masing-masing pembicara. Miftah Faridl yang merupakan relawan COVID-19, Jurnalis CNN Indonesia serta anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI), menyampaikan materi tentang Identifikasi Sebaran Hoaks COVID-19 di Media.

Sedangkan Dr Nur Alifia Dinari yang merupakan dokter pada fasilitas pelayanan kesehatan COVID-19 di Nusa Tenggara Barat, memaparkan tentang varian baru COVID-19 serta pencegahannya. Webinar edukasi ini dihadiri oleh 74 partisipan.

Sementara webinar edukasi yang digelar oleh kelompok KKN 21 mengundang pemateri Zainuddin Muda Monggilo, yang akrab dipanggil Zam Muda. Zam Muda merupakan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada, trainer Cek Fakta Google News Initiative serta pegiat pada Jaringan Pegiat Literasi Digital (JAPELIDI).