Vaksinasi Pertama di Jatim Capai 7,7 Juta, Tapi Dosis Kedua Baru 3,2 Juta

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 11:13 WIB
Vaksinasi COVID-19 digelar di Gelora Pancasila untuk warga di 3 kecamatan. Yaitu Kecamatan Wonokromo, Sawahan dan Dukuh Pakis.
Vaksinasi di Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Program vaksinasi di Jatim telah menyasar 7,7 juta warga. Namun, angka tersebut hanya untuk dosis pertama. Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua, baru 3,2 juta warga.

Berdasarkan data Pemprov Jatim pada Selasa (3/8) pukul 19.00 WIB, ada 7.715.038 warga yang telah divaksinasi dosis pertama. Lalu, warga yang telah divaksinasi dosis kedua sebanyak 3.272.891 orang. Ada sekitar 4,4 juta lebih warga yang belum mendapatkan dosis vaksinasi kedua.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut, ada 4,2 juta warga Jatim yang menunggu dosis vaksinasi kedua saat ini. Mereka sebelumnya telah divaksinasi dosis pertama.

"Per-hari ini, yang sudah jatuh tempo dosis kedua kurang 4,2 juta. Memang kita berharap ada percepatan dropping dosis vaksin ke Jatim. Karena warga Jatim semangat sekali ikut vaksinasi," ujar Khofifah, Rabu (4/8/2021).

Khofifah menjelaskan, 4,2 juta warga yang sudah 'jatuh tempo', harus segera mendapat vaksinasi dosis kedua. Selain itu, pihaknya juga meminta tambahan dosis guna mempercepat proses vaksinasi dosis pertama.

"Ini yang jatuh tempo harus segera terpenuhi. Kami harap mendapat dropping sebanyak mungkin, sesegera mungkin. Untuk bisa memenuhi dosis kedua dan perluasan dosis pertama," tegasnya.

Mantan Menteri Sosial RI ini menambahkan, target vaksinasi di Jatim menyasar 31.826.206 warga. Stok vaksin di Jatim sendiri saat ini sebanyak 908.798 dosis. Jumlah itu tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim termasuk stok yang ada di fasilitas kesehatan milik TNI dan Polri.

(iwd/iwd)