PPKM Level 4 Diperpanjang, Penyekatan di Bundaran Waru Dilonggarkan

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 10:34 WIB
PPKM level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Penyekatan di Bundaran Waru dilonggarkan.
Penyekatan di Bundaran Waru dilonggarkan/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

PPKM level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Namun penyekatan di Bundaran Waru dilonggarkan, ada satu jalur yang dibuka.

Sehingga semua kendaraan bisa masuk ke Surabaya. Berbeda dengan sebelumnya, di mana penyekatan total diberlakukan. Waktu itu yang boleh lewat atau masuk ke Surabaya hanya TNI, Polri, nakes, ambulans, ojek online dan kendaraan logistik saja.

Pantauan detikcom sejak pukul 08.00 hingga 09.40 WIB, motor maupun mobil bisa masuk ke Surabaya tanpa pemeriksaan. Petugas yang ada di pos penyekatan sesekali menanyakan tujuan pengendara. Tetapi tidak memeriksa surat tugas maupun surat bebas COVID-19. Petugas terus mengatur lalu lintas.

Pengendara asal Mojokerto, Hendra Purwanto (24) melintas di Bundaran Waru untuk menuju tempat kerjanya. Ia senang penyekatan di Bundaran Waru sudah dilonggarkan.

"Iya, ternyata bisa lewat sini tanpa pemeriksaan. Jadi ga perlu lagi lewat Menanggal," kata Hendra kepada detikcom, Selasa (3/8/2021).

Begitu pula dengan Bayu, salah seorang pengendara dari Sidoarjo yang hendak vaksinasi di RSAL Ramelan. Ia tak perlu melewati jalan tikus dan langsung melaju melewati Bundaran Waru.

"Alhamdulillah akses keluar masuk ke Surabaya bisa lancar ga seperti kemarin, malah bergerombol banyak di jalan tikus untuk masuk Surabaya. Langsung lewat, nggak ke jalan tikus," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada pemerintah, agar setelah tanggal 9 Agustus tidak ada lagi perpanjangan PPKM. Ia merasa kasihan pada pedagang.

"Sebenarnya dari awal PPKM sampai sekarang ini kurang fleksibel. Untuk perpanjangan PPKM jangan lagi diperpanjang, kasihan untuk pedagang. Kalau PNS gak apa-apa tiap bulan ada pemasukan, lah pedagang masa semua jualan pagi hari. Sampai tanggal 9 aja, jangan diperpanjang," pungkasnya.

Simak video '12 Daerah di Jawa-Bali Ini Berubah ke PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)