Warga Cukup Klik, Belanjaan dari Pasar Kota Pasuruan Sampai di Rumah

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 19:49 WIB
gus ipul
Kini Pasuruan punya layanan pesan antar dari pasar ke rumah (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Pasar tradisional di Kota Pasuruan membuka layanan pesan-antar bagi warga. Warga tinggal mengirim pesan ke customer service kemudian belanjaan akan dikirim ke rumah.

"Program ini sudah melalui tahap uji coba. Allhamdulillah respon masyarakat baik, sangat positif sekali. Hari ini resmi kita launching," kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), di Pendopo Kota Pasuruan, Senin (2/8/2021).

Layanan pesan antar yang diberi nama Madinah Mart ini dibuka di Pasar Kebonagung, Pasar Karangketug, Pasar Besar dan Pasar Gadingrejo. Program ini diharapkan menjadi jembatan antara pembeli dan pedagang pasar untuk tetap bisa bertransaksi di masa pandemi.

"Saya ingin kesehatan terjaga dan ekonomi bergerak. Madinah Mart menjadi jembatan penghubung antara penjual dan pembeli. Sekaligus mengurangi kerumunan di pasar untuk menekan angka penularan COVID-19," jelasnya.

Lewat layanan ini, warga bisa memesan kebutuhan harian dengan memanfaatkan teknologi. Warga cukup mengirimkan pesan ke masing-masing customer service yang sudah diposting di akun media sosial Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan.

"Dengan teknologi, masyarakat tidak perlu ke pasar untuk belanja sayur. Cukup di rumah saja," terang Gus Ipul.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yanuar Afriansyah menambahkan di setiap pasar terdapat tim yang melayani warga. Tim tersebut bertugas menerima pesanan, membelanjakan dan mengantar ke rumah warga.

"Cukup kirim pesan ke admin dengan rincian belanjaan. Setelah itu, barang akan diantar ke alamat tujuan. Layanannya lebih cepat, lebih murah, lebih tepat guna. Berapapun pesanan akan dilayani," pungkas Yanuar.

(iwd/iwd)