Bandara Banyuwangi Pakai Aplikasi PeduliLindungi Kurangi Kontak Penumpang

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 18:19 WIB
PT Angkasa Pura II, Bandara Banyuwangi mengoptimalkan penggunaan fasilitas W-Finding (QR Code). Fasilitas ini juga disambungkan dengan aplikasi PeduliLindungi.
Bandara Banyuwangi mengoptimalkan penggunaan fasilitas W-Finding (QR Code)/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

PT Angkasa Pura II, Bandara Banyuwangi mengoptimalkan penggunaan fasilitas W-Finding (QR Code). Fasilitas ini juga disambungkan dengan aplikasi PeduliLindungi.

Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro mengatakan, fasilitas ini diletakkan di selasar keberangkatan di Bandara Banyuwangi. Penumpang tak perlu ribet membawa berkas, karena sudah terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Data seperti vaksinasi dan hasil tes PCR atau antigen akan terkoneksi dengan Aplikasi PeduliLindungi ini. Sehingga tidak perlu kontak lagi. Tinggal scan kemudian langsung bisa masuk ke pintu terminal," ujar Cin kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi, kata Cin, juga mengantisipasi adanya klinik abal-abal yang tak terverifikasi dan berafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

"Untuk calon penumpang disarankan melakukan pemeriksaan tes swab PCR atau rapid tes antigen di Faskes/Lab yang telah terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan," tambahnya.

Pengecekan dokumen hasil kesehatan penumpang dilakukan di check-in counter dengan menunjukkan QR Code yang ada di Aplikasi PeduliLindungi kepada petugas.

Penumpang juga dapat mengecek status persyaratan kesehatan dengan aplikasi PeduliLindungi di area selasar keberangkatan dengan menggunakan fasilitas W-Finding (QR Code). Apabila terjadi kendala pada system, pemeriksaan dilakukan secara manual oleh petugas KKP.

"Melalui penggunaan aplikasi PeduliLindungi, kenyamanan dan keamanan serta kesehatan penumpang pesawat udara di masa pandemi ini dapat terjaga dengan baik," pungkas Cin.

(sun/bdh)