Pelajar dan Santri di Trenggalek Jalani Vaksinasi COVID-19

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 17:31 WIB
Pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 dan santri Ponpes Qomarul Hidayah Trenggalek menjalani vaksinasi COVID-19. Vaksinasi digelar Badan Intelijen Negara (BIN).
Vaksinasi COVID-19 di Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 dan santri Ponpes Qomarul Hidayah Trenggalek menjalani vaksinasi COVID-19. Vaksinasi digelar Badan Intelijen Negara (BIN).

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jawa Timur Marsma TNI Rudy Iskandar mengatakan, dalam program vaksinasi tersebut pihaknya menyasar hampir 1.700 siswa dan santri yang berusia 12 hingga 17 tahun. Proses penyuntikan vaksin dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Di Trenggalek ini BIN melaksanakan (vaksin) di dua tempat yaitu satu di MTsN 1 Trenggalek dan Ponpes Qomarul Hidayah (Desa Gondang, Kecamatan Tugu). Kami tidak hanya memvaksin siswa, tetapi juga tes dan tracing," kata Rudy, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, sebelum menjalani vaksinasi COVID-19, petugas kesehatan terlebih dahulu akan melakukan tes usap antigen. Hal ini guna mendeteksi lebih dini ada tidaknya peserta vaksin yang terpapar virus Corona.

"Kebetulan dari pusat kami juga dibawakan ambulans dan laboratorium mobile," ujarnya.

Sehingga apabila ada peserta vaksin yang reaktif antigen akan langsung dilakukan pemeriksaan PCR melalui laboratorium keliling tersebut.

Rudy menambahkan, program vaksin kali ini sengaja membidik para pelajar, karena untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu dilakukan program pembelajaran tatap muka.

"Ke depan kalau sudah ada kebijakan untuk melaksanakan sekolah offline, mereka sudah tervaksin," jelasnya.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengaku cukup terbantu dengan adanya vaksin pelajar dari BIN. Bahkan ini merupakan salah satu program vaksin massal terbesar di Trenggalek.

"Kami berterima kasih sekali untuk BIN karena sudah all out untuk vaksinasi di Trengalek, khususnya untuk para pelajar. Karena kami ingin semua pelajar bisa sesegera mungkin tervaksin," kata M Nur Arifin.