Paguyuban Tukang Loak Kibarkan Merah Putih Tumbuhkan Optimis Saat Pandemi

Chuck Shatu Widarsa - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 13:00 WIB
Tumbuhkan Optimis Saat Pandemi COVID-19, Paguyuban Tukang Loak Kibarkan Merah Putih
Warga pasang bendera merah putih (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Sejumlah komunitas dan elemen masyarakat serempak mengibarkan umbul-umbul dan bendera merah putih. Tindakan itu dilakukan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan optimisme pada situasi pandemi COVID-19.

Mereka yang tergabung dalam komunitas itu antara lain paguyuban tukang loak, perkumpulan tukang ojek, pedagang ikan hias, serta beberapa paguyuban lainnya.

"Ini kami lakukan untuk membangkitkan optimisme di tengah situasi pandemi ini," tutur Yudi, salah seorang tukang loak di Jalan KIS Mangunsarkoro, Dabasah, saat ditemui detikcom di lapaknya, Senin (2/8/2021).

Senada disampaikan Riski, pedagang lainnya, mengaku bahwa pengibaran bendera itu juga selain membangkitkan rasa optimisme juga memperingati kemerdekaan.

"Situasi pandemi COVID-19 terakhir ini memang mengkhawatirkan. Maka harus optimis untuk tetap survive," ujar Riski.

Salah seorang tukang ojek online perempuan yang keberatan disebut jati dirinya juga menyampaikan, pemasangan bendera biasanya ditentukan masanya.

"Tapi kami berinisiatif sendiri untuk masang bendera di motor, sejak sebelum bulan Agustus kemarin," katanya.

Sementara pihak kepolisian setempat sangat mengapresiasi tindakan para komunitas komunitas tersebut. Hal itu untuk membangkitkan spirit kemerdekaan dan rasa kesadaran menjaga prokes.

"Di masa pandemi seperti saat ini jiwa nasionalisme penting untuk direalisasikan dengan semangat gotong royong melawan COVID-19. Contohnya mematuhinya protokol kesehatan," kata Kapolres Bondowoso, AKBP Herman Priyanto.

(fat/fat)