Kejar Target Herd immunity, Polisi Sudah Vaksin 23.699 Warga Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 17:08 WIB
polres jombang
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Polisi getol membantu pemerintah mencapai target kekebalan kelompok (herd immunity) di Jombang. Sampai hari ini, 23.699 warga Kota Santri sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama oleh korps berseragam cokelat itu.

Hari ini, Polres Jombang mulai menyuntikkan vaksin Corona dosis kedua kepada warga. Vaksinasi digelar di Taman Kebon Rojo, Jalan KH Wahid Hasyim.

Kali ini, vaksinasi dipantau langsung Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo. Jenderal bintang satu ini didampingi Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho dan Forkopimda.

Agung mengatakan vaksinasi COVID-19 dosis kedua hari ini juga digelar serentak di 21 polsek jajaran wilayah hukum Polres Jombang. Pihaknya menargetkan 2.000 warga menerima vaksin dosis kedua hari ini.

Untuk mencegah kerumunan, para penerima vaksin diminta datang sesuai jadwal yang ditentukan. Warga yang hadir di gerai vaksin Presisi juga wajib mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Vaksinasi berjalan cukup baik dan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Petugas mengatur jadwal kehadiran masyarakat guna mencegah terjadinya kerumunan orang," kata Agung kepada wartawan, Minggu (1/8/2021).

Agung menjelaskan vaksinasi dosis pertama yang dilakukan Polres Jombang telah menyentuh 23.699 warga Kota Santri. Vaksinasi massal terus dilakukan untuk membantu pemerintah mempercepat tercapainya herd immunity.

"Masyarakat yang telah melakukan vaksinasi saya selalu ingatkan tetap patuhi dan laksanakan protokol kesehatan. Karena kita harus tetap menjaga diri kita untuk tidak menularkan maupun tertular," tegas Agung.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menuturkan, vaksinasi COVID-19 yang digelar kepolisian di Jatim sudah menyentuh 300.000 jiwa. Menurut dia, capaian ini bukti tingginya antusias masyarakat terhadap vaksinasi.

"Data terakhir kurang lebih 1,8 persen dari sasaran vaksinasi Jawa timur, itu untuk vaksinasi yang pertama. Kalau yang kedua masih 0,9 persen. Kurang lebih sekitar 300 ribu masyarakat yang sudah melaksanakan vaksinasi, tinggal sasaran vaksinasi kurang lebih 0,9 persen. Ini menggambarkan adanya kepedulian," tandasnya.

(iwd/iwd)