Unair Keluarkan Rekomendasi untuk Penanganan COVID-19

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 11:17 WIB
Guru besar (Gubes) di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya memberi rekomendasi untuk menangani pandemi COVID-19. Rekomendasi ini disampaikan dalam aksi bertajuk Gebrak COVID-19 atau Gerakan Aksi Bersama Serentak Tanggulangi COVID-19.
Aksi bertajuk Gebrak COVID-19/Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Surabaya -

Guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya memberi rekomendasi untuk menangani pandemi COVID-19. Rekomendasi ini disampaikan dalam aksi bertajuk Gebrak COVID-19.

Gebrak COVID-19 yakni Gerakan Aksi Bersama Serentak Tanggulangi COVID-19. Rekomendasi ini diserahkan secara simbolis pada Menko Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Satgas Nasional Penanganan COVID-19 Letjen Ganip Warsito hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara virtual melalui zoom meeting.

Ada 56 gubes yang aktif dan telah pensiun ikut merumuskan rekomendasi ini. Ketua Tim Perumus Rekomendasi Gubes FK Unair, Prof Dr dr Hendi Hendarto mengatakan, rekomendasi ini merupakan formula yang disumbangkan para gubes untuk membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19.

"Pemecahan masalah harus dilakukan di hulu dan hilir. Program Gebrak fokus pada pemecahan masalah, baik di masyarakat atau di hilir atau fasilitas kesehatan," kata Prof Hendi saat membacakan rekomendasi via zoom meeting yang dilihat detikcom di Surabaya, Jumat (30/7/2021).

Prof Hendi menambahkan ada rekomendasi umum dan khusus yang diberikan Unair. Rekomendasi umum diberikan pada seluruh komponen, sedangkan rekomendasi khusus diberikan pada masyarakat sebagai hulu hingga hilir dari fasilitas kesehatan hingga perguruan tinggi.

(hil/sun)