Round-up

Cerita Perusakan Rumah di Banyuwangi yang Dianggap Terlalu Dibesar-besarkan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 09:36 WIB
Beredar video perusakan rumah warga di Banyuwangi. Perusakan tersebut disebut-sebut dilakukan oleh sejumlah pria misterius berbaju hitam.
Pekarangan rumah warga yang rusak/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Beredar video perusakan rumah warga di Banyuwangi. Perusakan tersebut disebut-sebut dilakukan oleh sejumlah pria misterius berbaju hitam.

Dalam video yang viral, perekam memperlihatkan pekarangan rumah yang rusak total. Video tersebut diambil pada Hari Minggu (25/7) lalu. Diduga, para pelaku perusakan itu menjalankan aksinya sekitar pukul 02.00 WIB.

Pekarangan rumah yang menjadi sasaran yakni milik Sadi, warga RT 04 RW 05, Dusun Palurejo, Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. "Kejadian aneh telah terjadi menimpa rumahnya Bapak Sadi. Pelaku ini adalah orang-orang misterius berpakaian hitam-hitam," kata si perekam, seperti dalam video yang dilihat detikcom, Selasa (27/7/2021).

Aksi perusakan itu juga mengakibatkan tanaman atau pohon di pekarangan rumah tersebut terpotong seperti ditebas pedang tajam dan tak beraturan. Potongan-potongan tersebut seolah disengaja berceceran di seluruh halaman rumah.

Tidak hanya itu, pelaku teror juga merusak pagar dan batako yang tertumpuk di sebelah rumah lainnya. Kemudian membongkar dan menghancurkannya begitu saja.

"Pagarnya hancur semua diporakporandakan dan juga batako. Entah tujuannya apa maksudnya kok sampai merusak segini," kata si perekam.

"Menurut saksi mata, kadang-kadang (pelaku) kelihatan dan kadang-kadang tidak. Dan jumlah lebih dari sepuluh orang," imbuhnya.

Kapolsek Muncar, Muhammad Zaenuri sudah membenarkan soal perusakan tersebut. Saat ini, pihaknya masih meminta keterangan dari sejumlah saksi.

"Masih proses penyelidikan. Tiga saksi sementara ini masih dimintai keterangan soal kejadian tersebut," kata Zaenuri kepada detikcom.

Sadi, pemilik rumah mengatakan, saat ia tidak di rumah, ada sekelompok orang berbaju hitam datang ke rumahnya dan langsung melakukan perusakan benda-benda yang berada di pekarangan. "Yang mengetahui kejadian ini kakak saya, Mujiono namanya. Saya tanya, kejadiannya sekitar jam 2 (dini hari). Karena pada jam satu masih ada tamu," kata Sadi.

Berdasarkan keterangan kakak Sadi, aksi perusakan itu dilakukan oleh sekitar 10 orang dengan berpakaian serba hitam. Sekelompok orang misterius itu melakukan perusakan menggunakan benda tajam.

"Kata kakak saya, kurang lebih ada sepuluh orang yang melakukan perusakan. Mereka berpakaian hitam-hitam. Mungkin malam kelihatannya hitam karena penerangan di sini kurang begitu terang," ucapnya.

Sadi mengaku tidak tahu apa motif sekelompok orang misterius tersebut melakukan perusakan pekarangan rumahnya. "Menurut saya ini sejenis teror," ujarnya.

Lihat juga video 'Massa Perguruan Silat Rusak Rumah Warga di Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]