Gempa Pacitan Dirasakan Warga Blitar, Plafon Rumah Bergetar

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 00:19 WIB
Blitar -

Gempa Pacitan terasa kuat di Kota Blitar. BPBD belum menerima laporan kerusakan akibat gempa berkekuatan M 5,2 ini.

Lia, warga Sananwetan, Kota Blitar merasakan gempa tersebut. Lia merasakan plafon rumahnya bergetar dari pelan merambat kencang. Lalu menyusul lantai yang dipijak bergoyang.

"Plafon rumah itu bergetar, dari pelan makin kencang. Terus saya berdiri merasa bergoyang cukup kuat sekali," kata Lia, Selasa (27/7/2021).

Rumah Lia yang terpasang pompa dari sumur bor, secara otomatis menyala begitu guncangan kuat terasa. Kalau dari lamanya pompa menyala, guncangan diperkirakan dirasakan antara 1 sampai 3 detik.

Namun karena kondisi sudah tengah malam, warga tampak tak ada yang keluar rumah. Apalagi, guncangan gempa hanya dirasakan sekali dan tidak terlalu lama seperti gempa Malang dan Blitar sebelumnya.

Tak hanya warga dalam Kota Blitar, namun warga di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar juga merasakan guncangan. "Seperti merembet. Kecil merembet lalu sekali guncangan kuat," kata Dwi, warga Blitar.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 km. Dengan koordinat 8.99 LS-111.40 BT. Atau 95 km tenggara Pacitan. BMKG juga menyebut, gempa M 5,2 tersebut tidak berpotensi tsunami

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Blitar belum menerima laporan adanya kerusakan yang terjadi di sepanjang pesisir selatan laut Blitar.

"Belum ada laporan. Kami masih tunggu juga ini," kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik.

(sun/sun)