Laris Diburu Warga, Harga Vitamin dan Obat Antivirus di Surabaya Masih Normal

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 15:33 WIB
apotek di surabaya
Harga obat antivirus di Apotek Kimia Farma (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Multivitamin dan obat antivirus banyak dicari di Surabaya. Bagaimana dengan harganya di tengah meningkatnya permintaan?

Meski laris dibeli, harga multivitamin untuk merek yang sama di setiap apotek tidak jauh berbeda. Hanya berbeda sekitar Rp 500-1.000 antara satu apotek dengan apotek lain. Sementara obat antivirus saat ini hanya bisa didapatkan di Apotek Kimia Farma saja. Sementara obat antivirus di apotek lain kosong alias habis.

Pembelian obat antivirus juga wajib disertai dengan resep dokter. Di Kimia Farma, harga obat antivirus sudah tertempel dan bisa dilihat oleh pembeli.

Di Apotek Kimia Farma di Jalan Dharmawangsa. Vitamin merek Wellness 2-A-DAY dihargai Rp 380.000. Untuk suplemen kesehatan bermerek Wellness vitamin D3, harganya Rp 180.000. Harga vitamin ini sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang tertulis di kemasannya.

"Biasanya memang ini (multivitamin merk Wellness), karena bagus. Kalau antivirus (seperti Azithromycin, Oseltamivir, hingga Favipiravir) harus pakai resep dokter, harganya ada di depan (kasir)," ujar pegawai Apotek Kimia Farma yang enggan disebut namanya kepada detikcom, Selasa (27/7/2021).

Di Apotek Kimia Farma sendiri, untuk obat antivirus dengan resep dokter, seperti Azithromycin 500 mg tablet harganya Rp 1.700, Oseltamivir 75 mg kapsul harganya Rp 26.000. Kemudian obat antivirus Favipiravir 200 mg tablet harganya Rp 22.500.

Di Apotek K24 di Jalan Raya Menur, yang banyak dibeli warga adalah multivitamin Caviplex tab 100S. Obat multivitamin ini yang paling laris, namun saat beli hanya bisa maksimal dua strip dengan harga Rp 10.130.

"Yang paling banyak dibeli kalau untuk multivitamin ya Caviplex, kalau vitamin D ada Comvit D 1000IU C seharga Rp 14.538. Harganya masih sama," kata kasir Apotek K24, Anggit.

Sedangkan untuk obat antivirus sendiri, di K24 Jalan Raya Menur sudah habis. Pegawai pun tidak bisa memberitahu harga yang dijual untuk obat antivirus.

Di Apotek Primadona di Jalan Pacar Keling, multivitamin yang laris adalah Caviplek. Harga yang dijual pun sama dengan Apotek K24, yakni Rp 10.000. Apotek ini juga menyediakan multivitamin lainnya, seperti Theragran-M isi 4 tablet dalam 1 strip seharga Rp 25.000, Comvit C seharga Rp 11.000 dan Becefort dengan harga Rp 7.000.

Di Apotek Bratang di Jalan Bratang obat antivirus juga kosong karena habis. Hanya ada multivitamin yang selalu dibeli masyarakat untuk menjaga imun tubuh.

"Caviplex selalu ada yang beli, karena bagus dan murah Rp 10.000 harganya, sama vitamin D. Kalau antivirus obatnya kosong" kata pegawai apotek tersebut.

Di Apotek Kapas Krampung di Jalan Kapas Krampung, obat antivirus juga habis Tetapi multivitamin, seperti vitamin C, D, dan E stoknya ada dan selalu dibeli oleh warga.

"Kalau antivirus habis, susah carinya, lumayan mahal. Biasanya ya multivitamin Caviplex itu, cuman Rp 10.500, sama vitamin D biasa yang Rp 15.000-an," kata pegawai apotek itu.

(iwd/iwd)