Vitamin di Surabaya Diburu, Obat Antivirus Wajib Resep Dokter

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 14:24 WIB
vitamin di surabaya
Multivitamin yang banyak diburu di Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia membuat masyarakat memburu multivitamin dan obat antivirus . Bahkan beberapa apotek di Surabaya sampai kehabisan obat antivirus.

Dari penelusuran detikcom, apotek yang saat ini masih mempunyai obat antivirus adalah Apotek Kimia Farma. Pembeliannya harus menggunakan resep dokter. Sementara obat antivirus di apotek lain habis. Tetapi semua apotek menyediakan multivitamin.

Detikcom mendatangi Apotek Kimia Farma di Jalan Dharmawangsa. Saat bertanya hendak membeli multivitamin, pegawai apotek langsung menawarkan vitamin merek Wellness 2-A-DAY dengan harga Rp 380.000. Jika untuk suplemen kesehatan, ia merekomendasikan Wellness vitamin D3 dengan harga Rp 180.000.

Pegawai perempuan tersebut mengatakan vitamin merek ini selalu direkomendasikan ke pembeli saat mencari multivitamin. Saat bertanya untuk obat antivirus, sang pegawai menjelaskan bahwa untuk obat antivirus harus menggunakan resep dokter.

apotek di surabayaMultivitamin yang banyak dibeli warga di apotek (Foto: Esti Widiyana)

"Biasanya memang ini (multivitamin merk Wellness), karena bagus. Kalau antivirus (seperti Azithromycin, Oseltamivir, hingga Favipiravir) harus pakai resep dokter, harganya ada di depan (kasir)," kata pegawai Apotek Kimia Farma itu, Selasa (27/7/2021).

Saat detikcom bertandang ke Apotek K24 Jalan Raya Menur, beberapa pembeli terlihat membeli multivitamin Caviplex tab 100S. Obat multivitamin ini yang paling laris, namun saat beli hanya bisa maksimal dua strip.

"Yang paling banyak dibeli kalau untuk multivitamin ya Caviplex, kalau vitamin D ada Comvit D 1000IU C," kata kasir Apotek K24, Anggit.

Sedangkan untuk obat antivirus sendiri, di K24 Jalan Raya Menur sudah habis. Pegawai pun tidak bisa memberitahu harga yang dijual untuk obat antivirus.

Sama halnya dengan Apotek Primadona di Jalan Pacar Keling, multivitamin yang selalu dibeli masyarakat adalah Caviplek. Namun pihaknya juga menawari multivitamin lainnya, seperti Theragran-M isi 4 tablet dalam 1 strip, Comvit C, dan Becefort.

"Biasanya ya Caviplex kalau untuk multivitamin. Kalau obat antivirus di sini habis," ujar Nia.

Obat antivirus di Apotek Bratang di Jalan Bratang juga sama, kosong karena habis. Hanya ada multivitamin yang selalu dibeli masyarakat untuk menjaga imun tubuh.

"Caviplex selalu ada yang beli, karena bagus dan murah, sama vitamin D. Antivirus obatnya kosong" kata pegawai apotek tersebut.

Terakhir di sebuah Apotek Kapas Krampung di Jalan Kapas Krampung pun sama. Saat ini tidak ada stok obat antivirus, karena langka dan harganya yang cukup mahal. Tetapi multivitamin, seperti vitamin C, D, dan E pasti ada dan selalu dibeli oleh warga.

"Kalau antivurs habis, susah carinya, lumayan mahal. Biasanya ya multivitamin Caviplex itu, sama vitamin D biasa," pungkasnya.

(iwd/iwd)