RNLC Kirim Bantuan Sekaligus Vaksin ke Warga Bawean Terdampak COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 20:37 WIB
Relawan Nasional Lawan Covid-19
Relawan Nasional Lawan Covid-19 gelar baksos untuk warga Bawean (Foto: Dok. RNLC)
Surabaya -

PPKM level 3-4 di Jawa Timur diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Relawan Nasional Lawan COVID-19 (RNLC) menggelar bakti sosial (baksos) yang ditujukan kepada warga di Pulau Bawean, Gresik.

Baksos yang digelar RNLC ini berkolaborasi dengan TNI Angkatan Laut (AL) serta Gerindra Jatim dalam upaya percepatan vaksinasi. RNLC menyalurkan sejumlah paket sembako, vitamin, air mineral, masker hingga snack untuk warga di pulau itu. Apalagi, di kawasan Bawean seringkali tidak diperhatikan pemerintah.

"Ini adalah bagian kontribusi dari RNLC. Saya mewakili Ketua Umum RNLC Pak Krish Budiharjo dan di sini yang menyerahkan RelNas (Relawan Nasional) COVID-19 Jawa Timur komandannya Bu Mimik," ujar Anwar Sadad, Wakil Ketua RNLC di Koarmada II, Surabaya, Senin (26/7/2021).

Sadad menjelaskan bantuan tersebut akan disalurkan mulai besok Selasa (27/7) menggunakan kapal milik TNI AL. Bantuan itu akan dibagikan secara langsung kepada warga Bawean usai menerima jatah vaksin.

"Karena mulai besok akan diadakan vaksinasi sinovac di Bawean, yang terdiri dari dua kecamatan yang agak terpencil di Jawa Timur menjadi prioritas kita," jelas Sadad yang juga Ketua DPD Gerindra Jawa Timur tersebut.

Wakil Ketua DPRD Jatim itu menyampaikan terima kasih kepada para relawan karena bersedia menjadi bagian penting dari pengentasan Pandemi COVID-19 di Jawa Timur.

"Dari pada kita mengutuk kegelapan, lebih baik kita menyalakan lilin, kan gitu. Ini mungkin kecil, tapi bermakna. Kami berterima kasih kepada relawan yang berkontribusi semuanya, terutama TNI Angkatan Laut kita bersama bapak semuanya," ungkap Keluarga Ponpes Sidogiri tersebut.

Sadad berharap, kegiatan semacam itu bisa konsisten diselenggarakan RNLC, mengingat kondisi ekonomi di Jatim sedang menurun.

Sementara Ketua RNLC Jatim, Mimik Idayana menyebut, gerakan semacam ini akan terus dilakukan. Dia mengaku, sejumlah paket sembako itu dikumpulkan secara swadaya.

"Terutama untuk pasien isoman (isolasi mandiri) di Pulau Bawean. Insyaallah kalau air mineral ada sekitar 150, paket sembako 100 dan ada bingkisan snack dan masker," papar Mimik.

Dalam baksos gelombang pertama ini, Mimik mengaku bahwa RNLC sengaja memprioritaskan warga di Kepulauan Bawean. Mengingat wilayah tersebut seringkali lolos dari prioritas pemerintah.

"Ini gelombang pertama. Nanti gelombang kedua di daerah Sidoarjo, Malang, kita masih koordinasi," tegasnya.

(iwd/iwd)