Koarmada II BantuTabung Oksigen ke RSUD dr Haryoto untuk Penanganan COVID-19

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 20:23 WIB
tabung oksigen
RSUD dr Haryoto Lumajang mendapat sumbangan tabung oksigen dari Koarmada II (Foto: Dok. Koarmada II)
Surabaya -

RSUD dr Haryoto, Lumajang mendapatkan sumbangan tabung oksigen untuk penanganan pasien COVID-19. Sumbangan itu diberikan dari TNI AL Komando Armada (Koarmada) II.

Adapun sumbangan tersebut yakni sebanyak 10 unit tabung oksigen dengan kapasitas 600 liter. Tabung-tabung itu dikirim khusus ke Lumajang dari KRI dr Soeharso-990.

Sumbangan tabung oksigen merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Sumbangan tabung oksigen itu sendiri diserahkan pada Mingu (25/7).

Dalam perintahnya, TNI AL harus siap mengerahkan sarana dan prasarana untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19 terutama di Jatim. Salah satunya yakni dengan mendirikan depo isi ulang oksigen.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan perintah Kasal itu kemudian diwujudkan dengan menjadikan KRI dr Soeharso sebagai depo isi ulang oksigen secara gratis.

Sebab, saat ini, lanjut Iwan, keberadaan tabung oksigen tengah mengalami kelangkaan. Hal itu disebabkan karena tingginya permintaan tabung oksigen dalam penanganan pasien COVID-19.

"Perintah tersebut kita wujudkan dengan menjadikan KRI dr Soeharso sebagai depo isi ulang oksigen gratis bagi masyarakat dan rumah sakit, seperti yang kita lakukan sekarang ini terhadap RSUD dr Haryoto di Lumajang," kata Iwan, Senin (26/7/2021).

(iwd/iwd)