Harlah ke-23, DPW PKB Jatim Bagikan Sembako hingga Doa Bersama

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 17:20 WIB
Harlah ke-23, DPW PKB Jatim Bagikan Sembako Hingga Doa Bersama
Doa bersama digelar (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Harlah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-23 jatuh pada 23 Juli 2021. Pengurus DPW PKB Jatim menggelar serangkaian acara, mulai dari berbagi sembako hingga khotmil quran.

"Harlah PKB ke-23, dalam kondisi Indonesia tidak baik-baik saja. Tingginya angka COVID-19, menjadikan aktivitas sosial ekonomo masyarakat serta agenda kepartaian terganggu. Kondisi yang demikian itu menjadi motivasi semangat kader-kader DPW PKB Jatim untuk bisa bangkit sebagaimana tema Harlah ke-23, 'PKB aksi melayani Indonesia'," ujar Anik Maslachah, Sekretaris DPW PKB Jatim di Surabaya, Jumat (23/7/2021).

Anik menjelaskan, DPW PKB Jatim menggelar berbagai kegiatan khususnya aksi kemanusiaan dan berbagai lomba yang mendukung tumbuh kembangnya potensi kreativitas anak muda di Jatim.

"Rangkaian kegiatan Harlah ke-23 PKB di Jatim, yaitu PKB AMI (aksi melayani isolasi mandiri). Kegiatan ini berbagi 20 ribu paket sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar COVID-19, kami bagikan langsung ke rumah oleh relawan PKB," terangnya.

Tidak hanya itu, Wakil Ketua DPRD Jatim ini menyebut, PKB juga membuka posko PKB AMI yang tersebar di 38 kabupaten/kota di masing-masing kantor DPC PKB. Tujuan dari posko tersebut adalah untuk memberikan informasi dan edukasi bagi warga terkait masalah pandemi COVID-19. Selain itu, untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 atau yang terdampak COVID-19.

Selanjutnya, DPW PKB Jatim juga menyembelih sebanyak 1.000 ekor hewan kurban berupa sapi dan kambing. Hewan kurban tersebut di antaranya diberikan ke PWNU Jatim, warga kurang mampu, pasien yang sedang isoman, hingga PKL di sekitar Gayungsari.

"DPW juga menggelar lomba Musabaqoh Kitab Kuning khusus para santri yang telah dimulai sejak 28 Juni - 23 Juli 2021 secara online. Karena ada 1,7 juta santri di Jatim yang perlu diapreasisi melalui kompetisi. Lomba ini adq dua kategori, kategori putra dan putri dan diikuti oleh 320 peserta dari pondok pesantren se-Jatim. Masing-masing kategori ada juara 1,2 dan 3. Lomba ini untuk mendukung pembangunan manusia dan menjaga tradisi keagamaan Jatim," ungkap Anik.

Lebih lanjut, Anik mengatakan, DPW PKB Jatim juga menggelar kompetisi game e-sport mobile legends yang telah dimulai sejak 11 Juni dan Final 2 Agustus 2021 mendatang. Lomba tersebut diikuti 512 tim dengan total 3.090 peserta dari 38 kota/kabupaten se-Jatim. Ada juga Lomba video kreatif dan tik tok challenge.

Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi menjelaskan, puncak gelaran Harlah PKB ke-23 di Jatim diisi dengan doa dan khotmil qur'an. Fauzan menyebut, di Jatim, menyumbang 439 majelis khotmil qur'an. Selain itu,

"Rangkaian puncak diisi dengan khotmil qur'an. Rinciannya satu anggota dewan, minimal satu majelis khotmil. Khotmil ini dilaksanakan offline dan online. Dimulai pada 23 Juli 2021 pukul 12.30 dan selesai 15.00 WIB. Doa dan khotmil qur'an sebagai bagian dari ikhtiar kader PKB untuk keselamatan bangsa dan pandemi segera berakhir. Acara kemudian dilanjut mengikuti daring dengan Ketum, serta pengarahan kontribusi PKB dari waktu ke waktu," terangnya.

Ketua Fraksi PKB Jatim ini menambahkan, partainya juga menyediakan layanan vaksin gratis bagi masyarakat yang tersedia di Sidoarjo, Nganjuk, Bojonegoro, dan Jember.

"Kami memohon doa restu dari seluruh elemen masyarakat untuk tetap berkomitmen membangun bangsa Indonesia menuju bangsa yang baldatun thoyyibatun wa rabbhun ghafur," pungkasnya.

(fat/fat)