Bukan Oksigen Palsu, Ini Dugaan Polisi soal Temuan di Tulungagung

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 21:00 WIB
Tabung yang diduga berisi oksigen palsu beredar di Tulungagung. Ditreskrimsus Polda Jatim mendalami apakah oksigen itu juga dijual untuk pasien COVID-19.
Oksigen yang diduga palsu di Tulungagung/Foto: Istimewa
Surabaya -

Ada tabung yang diduga berisi oksigen palsu di Tulungagung. Namun menurut polisi itu bukan oksigen palsu, tapi oksigen yang kadar kemurniannya di bawah standar.

Temuan dugaan oksigen palsu berawal dari komunitas peternak ikan koi, yang sedang mengisi plastik berisi ikan hidup dengan oksigen. Plastik berisi ikan ini hendak dikirim ke luar kota. Namun, tak lama setelah diisi, beberapa ikan lemas hingga mati.

"Para peternak koi biasanya menggunakan oksigen untuk mengisi plastik berisi ikan sebelum dikirim ke luar kota. Mereka menggunakan oksigen yang biasanya diperuntukkan untuk kepentingan medis," kata Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman kepada detikcom di Surabaya, Kamis (22/6/2021).

Farman menambahkan, kemurnian oksigen untuk kepentingan medis 99,5 persen. Namun dalam tabung oksigen yang ditemukan di Tulungagung, diduga kadar kemurniannya di bawah standar.

"Jadi bukan berisi oksigen palsu. Tapi oksigen untuk medis itu memiliki kadar 99,5 persen. Temuan kami, oksigen di tabung tersebut kadarnya di bawah 99,5 persen," imbuhnya.

Tak hanya itu, Farman membeberkan, karena kadar oksigennya yang di bawah standar ini, membuat ikan di dalam plastik yang diisi oksigen menjadi lemas. Bahkan, beberapa ikan kehabisan oksigen hingga mati

"Nah itu yang membuat ikan di plastik menjadi lemas hingga mati, karena kadar oksigennya di bawah standar," pungkasnya.

Tabung yang diduga berisi oksigen palsu itu didapat para peternak ikan dari Pacitan. Mereka mengaku kesulitan mendapatkan pasokan oksigen untuk kepentingan mengirim ikan, karena permintaan oksigen untuk pasien COVID-19 sedang tinggi.

Simak juga video 'Kebutuhan Oksigen untuk Pasien COVID RI Tembus 2.000 Ton per Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)