Gelar Vaksinasi, Lanud Abdulrachman Saleh Vaksin 650 Warga Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 19:09 WIB
vaksinasi di malang
Vaksinasi massal di Lanud Abdulrachman Saleh (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Percepatan vaksinasi turut digelar Lanud Abdulrachman Saleh. Ratusan dosis vaksin disediakan bagi warga Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Vaksinasi dilakukan di lapangan desa setempat, Kamis (22/7/2021). Sebanyak 25 vaksinator dan 14 tenaga kesehatan dilibatkan untuk mempercepat vaksinasi. Mereka berasal dari RS TNI AU dr M Munir Lanud Abdulrachman Saleh dan puskesmas setempat. Vaksinasi ini mendapat respons positif dari masyarakat.

Kepala Dinas Operasi (Kadis Ops) Lanud Abdulrachman Saleh, Kolonel (Pnb) Subhan mengatakan serbuan vaksinasi yang digelar di lapangan desa ini menyediakan 650 dosis vaksin jenis sinovac.

"Vaksinasi dikhususkan kepada masyarakat Desa Senggreng, dengan kuota sebanyak 650 dosis vaksin," kata Subhan kepada wartawan di lokasi, Kamis (22/7/2021).

Subhan menambahkan untuk vaksinasi dosis kedua direncanakan akan digelar pada 26 Agustus 2021 mendatang.

"Tahap pertama ini digelar seharian penuh, proses vaksinasi dilaksanakan bergelombang, agar tidak menimbulkan kerumunan. Untuk tahap kedua 26 Agustus 2021," imbuh Subhan.

Semenjak Juli 2021, Lanud Abdulrachman Saleh sudah melaksanakan vaksinasi kepada 6.200 orang. Dari mulai masyarakat umum, keluarga besar TNI dan termasuk anak-anak di dalamnya.

Di sisi lain Subhan juga mengaku bahwa proses vaksinasi di Desa Senggreng tidak mengalami kendala. Dalam hal ini kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI) tidak ada yang terjadi pada proses vaksinasi kepada warga Desa Senggreng.

"Vaksinasi dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2021 dan wujud kepedulian kepada masyarakat Desa Srenggeng, Sumberpucung, yang belum tervaksinasi," tegas Subhan.

Bersamaan serbuan vaksinasi turut dilaksanakan di markas Lanud Abdulrachman Saleh yang diikuti oleh masyarakat umum dan keluarga besar TNI.

"Sehari ini, ada dua tempat vaksinasi dari 1.295 orang pendaftar, 1.270 orang yang divaksin. 25 di antaranya batal mengikuti vaksin, rinciannya 17 karena tensi darah tinggi dan 7 memiliki sakit jantung," pungkas Subhan.

Simak video 'Suplai 8 Juta Vaksin Sinovac untuk Geber Program Vaksinasi RI':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)