Polisi Kota Malang Ajukan Tambahan Vaksin COVID-19 untuk Warga Disabilitas

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 19:36 WIB
Ratusan remaja diduga termakan seruan di medsos soal aksi tolak PPKM Darurat, sehingga bikin onar di Kota Pasuruan. Polisi tengah mencari provokatornya.
Vaksinasi di Polresta Malang Kota/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang -

Percepatan vaksinasi COVID-19 turut dilakukan Polresta Malang Kota. Sasarannya, dari mulai warga hingga organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Vaksinasi digelar mulai Senin (12/7) sampai Jumat (16/7). Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan, sudah 7.230 dosis vaksin diberikan kepada masyarakat, selama program percepatan vaksinasi digelar di Polresta Malang Kota.

Agar terus bisa terlibat dalam percepatan vaksinasi COVID-19, Budi mengaku pihaknya telah mengajukan penambahan 5 ribu sampai 10 ribu dosis vaksin ke Dinas Kesehatan Kota Malang.

Jika pengajuan itu disetujui, lanjut Budi, maka akan segera diberikan kepada masyarakat untuk program percepatan vaksinasi.

"Sudah 7.230 dosis vaksin yang diberikan kepada masyarakat, dari 8.880 dosis yang kita miliki. Kami sudah mengajukan penambahan dosis vaksin, sebanyak 5 ribu sampai 10 ribu dosis ke Dinkes Kota Malang," ujar Budi kepada detikcom, Kamis (15/7/2021).

Tambahan dosis vaksin, kata Budi, akan diberikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19. Termasuk penyandang disabilitas.

"Selain masyarakat umum, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan. Penambahan dosis vaksin juga akan diperuntukkan bagi penyandang disabilitas," terangnya.

Polresta Malang Kota juga menyiapkan sumber daya untuk mempercepat vaksinasi. Seperti tenaga screening dan input data.

"Kalau vaksinator sudah cukup, kami juga akan menyesuaikan tenaga SDM lain. Seperti penginput data serta tenaga screening untuk mempercepat vaksinasi," tegasnya.

Budi menambahkan, pihaknya masih memiliki 250 dosis vaksin, yang nantinya digunakan di hari terakhir program vaksinasi di Polresta Malang Kota. "Setiap hari 200 sampai 250 dosis vaksin, sekarang ada sisa 250 dosis untuk hari Jumat besok, di Polresta Malang Kota," terang Budi.

Sementara Pemerintah Kota Malang mengaku, sudah 300 ribu lebih masyarakat Kota Malang mendapat vaksinasi COVID-19. Stok vaksin yang dimiliki tinggal 30 ribu dosis. Penambahan sudah diajukan yakni sebanyak 120 ribu dosis.

"Total sampai pekan ini, sudah 300 ribu lebih masyarakat tervaksin. Kita sudah ajukan 120 ribu dosis, karena stok yang ada hanya 30 ribu dosis dan pekan ini diperkirakan habis diberikan kepada masyarakat," ucap Wali Kota Malang, Sutiaji.

Simak juga video 'Tengok Vaksinasi Door To Door ala BIN yang Diapresiasi Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)