Banyuwangi Genjot Vaksinasi COVID-19 pada Pelajar

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 18:54 WIB
Banyuwangi sudah melakukan vaksinasi COVID-19 kepada kelompok remaja. Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah meninjau pelaksanaannya di SMPN 1 Genteng.
Vaksinasi COVID-19 pada pelajar di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Banyuwangi sudah melakukan vaksinasi COVID-19 kepada kelompok remaja. Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah meninjau pelaksanaannya di SMPN 1 Genteng.

Dalam kesempatan itu, Sugirah didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Suratno, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes dr Andriyani Hamzah dan Kepala SMP Negeri 1 Genteng, M Sodiq.

"Terima kasih kepada anak-anak yang berani ikut divaksin. Ini adalah upaya kita semua untuk melawan pandemi ini. Vaksin mampu memperkuat tubuh kita melawan virus Corona," kata Sugirah di hadapan pelajar, Kamis (22/7/2021).

Sugirah tampak berdialog dengan salah satu siswi, Kemuning Rizky. Sugirah tampak menyemangatinya.

"Tidak perlu takut. Tidak sakit kok, lebih sakit dicubit sama orang tua," ucap Sugirah kepada siswi tersebut, yang disambut tawa pelajar lainnya.

Vaksinasi COVID-19 di SMP Negeri 1 Genteng diikuti 310 siswa kelas 9. Untuk menghindari kerumunan, siswa yang mengikuti vaksinasi dibagi menjadi tiga gelombang. Masing-masing 100 orang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno menjelaskan, saat ini kasus COVID-19 pada remaja dan anak-anak kian meningkat. Untuk itu, langkah vaksinasi pada kalangan remaja ini adalah langkah yang sangat tepat.

"Ini akan membentengi siswa siswi karena bisa meningkatkan kekebalannya dari COVID-19," harapnya.

Dia menambahkan, vaksinasi COVID-19 pada kalangan remaja menyasar kurang lebih 11.500 siswa pada tahap awal. Vaksinasi akan dilakukan baik secara door to door datang ke sekolah, maupun yang dilaksanakan di area publik.

"Mulai kemarin sudah berjalan di SMP Negeri 3 Banyuwangi, hari ini dilaksanakan di SMPN 1 Genteng dan SMPN 1 Cluring. Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, kita akan membagi habis target 23.000 vaksin untuk dosis 1 dan 2 bagi pelajar. Insyaallah kita targetkan selesai 10 hari," terang Suratno.

Selain meninjau vaksinasi COVID-19 di SMPN 1 Genteng, Wabup Sugirah sebelumnya juga meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum di Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi.

Simak video 'Menag Sebut Vaksinasi COVID-19 Sejalan dengan Spirit Beragama':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)