Arus Balik Toron di Suramadu, Lancar Tanpa Penumpukan dan Kemacetan

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 18:04 WIB
toron di suramadu
Arus balik toron di Suramadu (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

H+1 Idul Adha, warga Madura mulai kembali ke arah Surabaya melewati Jembatan Suramadu. Arus balik toron atau mudik dari Madura ke Surabaya sudah mulai terlihat, namun tidak terjadi penumpukan atau kemacetan kendaraan.

Dari pantauan detikcom, pengendara R2 lebih banyak dibanding R4 yang menuju Surabaya dari Suramadu. Tetapi tidak ada pemeriksaan ketika sudah sampai Surabaya, sebab sudah dilakukan pemeriksaan di Bangkalan.

Sedangkan di sisi Surabaya yang hendak ke Madura, terlihat puluhan petugas kepolisian, brimob, TNI, Dishub yang melakukan pemeriksaan kepada pengendara mobil. Namun tidak ada yang diputarbalikkan, karena memiliki tujuan jelas dan menunjukkan hasil vaksin, serta swab antigen negatif COVID-19.

Salah satu warga Bangkalan yang kembali dari toron, Rivan (27) mengatakan, jika ia biasanya kembali ke Surabaya pada H+1. Ia dan keluarganya toron pada Senin (19/7) malam.

toron di suramaduArus balik toron di Suramadu lancar (Foto: Esti Widiyana)

"Tiap Idul Adha pulang, wajib, saya pulang Bangkalan. Perjalanannya ya lancar-lancar saja," kata Rivan saat beristirahat di Suramadu pintu masuk Surabaya, Rabu (21/7/2021).

Rivan mengatakan saat menuju Surabaya ada pemeriksaan di Bangkalan. Ia pun lolos karena menunjukkan hasil vaksin pertama. Saat toron pada Senin lalu juga lolos dari pemeriksaan di sisi Surabaya karena nopol L.

"Pas berangkat gak terlalu ramai, pas berangkat juga gak diberhentikan dari pos Surabaya. Ada kendaraan yang diperiksa sama diputarbalikkan. Di Bangkalan ada dijaga yang arah Surabaya," jelasnya.

Berbeda halnya dengan Anggi (29) warga Bangkalan yang kembali dari toron. Ia merasa tidak ada pemeriksaan saat melintasi Suramadu, tetapi ia melihat ada pos penjagaan dan polisi.

"Di Bangkalan nggak diperiksa, tapi ada orang (polisi) yang jaga. Istirahat paling, makan dulu ta minum dulu," kata Anggi.

Anggi memang sengaja toron ke Bangkalan pada H-1 Idul Adha, dan kembali ke Surabaya pada H+1. Sebab, ia menunggu suaminya pulang kerja.

"Habis toron, mau balik ke Surabaya, ke Simo rumahku. Ini istirahat dulu di Suramadu, capek di jalan, kena angin laut juga," pungkasnya.

(iwd/iwd)