RSU Soetomo Terima Bantuan Kontainer untuk Rawat Pasien COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 13:57 WIB
RSU dr Soetomo menerima sejumlah bantuan untuk meningkatkan penanganan pasien COVID-19. Saat ini, RSU merawat 592 pasien COVID-19 dengan gejala berat.
RSU dr Soetomo menerima sejumlah bantuan untuk meningkatkan penanganan pasien COVID-19/Foto: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya -

RSU dr Soetomo menerima sejumlah bantuan untuk meningkatkan penanganan pasien COVID-19. Saat ini, RSU merawat 592 pasien COVID-19 dengan gejala berat.

"Jadi sudah dilihat bantuan macam-macam ini, bentuk dari solidaritas sosial, ada dari Meratus Line. Bantuan ini semua kita apresiasi luar biasa, perhatian seluruh pihak untuk bersama melawan pandemi ini," ujar Direktur RSU dr Soetomo, dr Joni Wahyuhadi di lokasi, Rabu (21/7/2021).

Joni membeberkan sejumlah bantuan yang diterima pihaknya. Mulai dari ambulans, kontainer, high flow nasal canule (HFNC) hingga peti mati.

Khusus kontainer, Joni menyebut, akan digunakan untuk memaksimalkan pelayanan transit kepada pasien COVID-19 di IGD.

"Jadi bantuan kontainer dari Meratus Line ini, kita maksimalkan untuk pelebaran triase assessment di IGD. Jadi sebelum pasien COVID-19 dirawat itu, masuk ke IGD dulu, nah sebelumnya kan banyak yang sampai tidur di lantai, saat ini mereka bisa dirawat sementara di kontainer. Satu kontainer berisi 5 pasien," terangnya.

Joni menyebut, pasien COVID-19 yang dirawat di RSU dr Soetomo terus meningkat. Hingga Rabu (21/7) pagi, ada 592 pasien dengan gejala berat dirawat di RSU. Lalu masih ada 84 pasien di IGD. Ia mengimbau masyarakat tetap patuh prokes.

"Bantuan ini kita gunakan sebaiknya, tetapi rumah sakit ini hilirnya, hulunya harus dilakukan tindakan yang bagus, pencegahan. Berapa pun RS kita kembangkan, kalau hulunya yakni masyarakat tidak disiplin prokes, ya terus naik. Jadi prokes harus ketat," tegasnya.

Direktur Utama Meratus Line, Slamet Raharjo menuturkan, melalui program CSR 'Meratus For Indonesia', pihaknya memberikan bantuan kepada RSU dr Soetomo Surabaya. Meratus Line meminjamkan 5 unit kontainer 40 feet GP untuk dapat dialihfungsikan sebagai ruang perawatan COVID-19.

Selain meminjamkan 5 unit kontainer, Meratus Line memberi donasi sejumlah 7 alat bantu napas HFNC kepada RSU dr Soetomo. Alat bantu napas ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pasien positif COVID-19 yang membutuhkan.

"Kami harapkan peminjaman kontainer dan donasi alat bantu HFNC ini dapat membantu RSU dr Soetomo untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien-pasien COVID-19. Kami pun mengajak semua pihak baik pemerintahan, masyarakat, pengusaha, dan juga karyawan serta relasi bisnis Meratus untuk bersama-bersama kita saling mendukung untuk melawan COVID-19," terangnya.

Selain program peduli kemanusiaan, di era pandemi ini Meratus Line mendukung program pemerintah untuk bisa mengurangi tatap muka, dengan meluncurkan aplikasi online. Saat ini Meratus Line hadir dengan kemudahan dalam melakukan proses pengiriman barang dengan kontainer antarpulau di Indonesia, yaitu dengan adanya Meratus Online Mobile App. Sehingga bisa melakukan booking, tracking, informasi terkait jadwal kapal, proses DO online serta melakukan pembayaran melalui e-payment di mana saja dan kapan saja.

(sun/bdh)