Cerita Polisi di Lamongan Terus Belajar Berbuat Baik dengan Berbagi Sesama

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 11:58 WIB
aipda purnomo
Aipda Purnomo saat membagi rezeki Rp 5 juta kepada seorang pedagang mainan keliling (Foto: Tangkapan layar)
Lamongan -

Kata salut bisa menggambarkan aksi sosial salah satu polisi di Lamongan ini. Beragam aksi sosial dilakukan sang polisi untuk membantu sesamanya, terlebih di saat pandemi ini.

Aipda Purnomo, polisi Lamongan yang bertugas di Polsek Babat ini kerap menggelar aksi sosialnya. Tak hanya merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Purnomo juga kerap berbagi rezeki untuk sesama yang kurang beruntung.

Dalam seminggu ini saja, setidaknya tiga aksi sosial dilakukan oleh sang polisi teladan ini di masa ketika PPKM darurat diterapkan di Lamongan mulai dari berbagi rezeki hingga berbagi nasi bungkus. Semuanya berujung pada berbuat kebaikan dengan sesama yang membutuhkan.

"Semuanya karena saya ingin belajar berbuat baik untuk dan dengan sesama," kata Aipda Purnomo saat berbincang dengan detikcom, Rabu (21/7/2021).

Aksi pertama adalah ketika ia tiba-tiba saja turun dari mobil dan menghampiri seorang pedagang mainan keliling bernama Kasmadi yang tengah berhenti di pinggir jalan. Saat itu 15 Juli, Kasmadi yang warga Desa Datinawong, Babat ini tengah berada di tepi jalan sambil menjajakan mainan anak seharga Rp 5 ribu perbuah.

aipda purnomoAipda Purnomo juga berbagi dengan ojek online (Foto: Tangkapan layar)

Sebelum memberikan uang Rp 5 juta kepada Kasmadi, Purnomo sempat berbincang dengan Kasmadi yang mengaku dari keliling menjajakan mainan anak ini ia mengambil laba Rp 2.500 perbuah dengan keuntungan per hari yang tidak menentu.

"Saya jual Rp 5 ribu perbuah, untungnya juga tidak menentu setiap harinya," aku Kasmadi saat itu.

Setelah berbincang sebentar, Purnomo kemudian membeli 5 mainan anak dan bertanya berapa ia harus membayar 5 mainan yang telah ia beli itu. Saat dijawab Rp 25 ribu, Purnomo kemudian merogoh sakunya.

Bukannya mengeluarkan uang Rp 25 ribu, Purnomo malah memborong semua dagangan Kasmadi dan memberi pria tua itu uang sebesar Rp 5 juta. Kontan saja, Kasmadi langsung sujud syukur sambil menangis karena terharu karena telah menerima uang sebesar itu.

Tonton juga video : Orang-orang Baik di Tengah Pandemi

[Gambas:Video 20detik]