Tips Sehat Olah Daging Kurban Menurut Pakar Gizi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 10:08 WIB
Man preparing meat in kitchen
Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy
Surabaya -

Daging kurban Anda belum diolah? Yuk simak tips sehat dari pakar gizi dalam mengolah dan mengkonsumsi daging.

Dosen S1 Gizi Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Rizki Nurmalya Kardina mengatakan, hal pertama yang perlu dilakukan saat mengolah daging ialah membuang lemaknya. Karena, dalam daging sudah terdapat kandungan lemak.

"Ini dilakukan untuk mengurangi lemak yang nantinya akan diolah dengan berbagai cara. Entah dibakar, dibuat sup atau lainnya," ujar Rizki di Surabaya, Rabu (21/7/2021).

Kaprodi S1 Gizi Unusa ini menyarankan, ketika memasak daging sebaiknya diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan. Sehingga vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dapat tercukupi. Sedangkan untuk karbohidrat bisa didapat dari nasi, kentang, dan ubi.

"Karena lebih baik pengolahan daging ini diimbangi vitamin lainnya yang ada pada sayuran," terang Rizki.

Tak hanya itu, Rizky juga menyebut sejumlah olahan daging yang sering dimasak saat Lebaran Kurban. Antara lain rawon, sate, rendang hingga tongseng. Menurutnya, masakan tersebut menyumbang kalori dan lemak yang lebih besar.

"Sehingga bisa berdampak pada penyakit hipertensi, kolesterol, maupun kelebihan berat badan," ungkap Rizki.

Namun, agar tidak terkena dampak itu, Rizki menyarankan isi piring makan dengan sepertiga makanan pokok, seperenam untuk lauk hewani atau daging, seperenam buah-buahan dan sepertiga untuk sayuran.

Lihat Video: Jokowi: Sekarang Kuncinya Hanya Dua, Percepat Vaksin dan Pakai Masker

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)