Ahli Gizi Ingatkan Warga Tak Berlebihan Makan Daging Saat Idul Adha

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 09:22 WIB
Segala yang berlebihan cenderung tidak baik. Termasuk mengkonsumsi daging saat Hari Raya Idul Adha.
Daging Kurban di RPH Surabaya/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Segala yang berlebihan cenderung tidak baik. Termasuk berlebihan mengkonsumsi daging saat Hari Raya Idul Adha.

Agar tubuh tetap sehat saat merayakan Idul Adha, maka jumlah asupan daging perlu dibatasi agar tidak berlebihan. Seperti yang disampaikan ahli gizi dari RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya, Elda Puspa S St.

"Daging sapi dan kambing boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan, terutama pada orang yang memiliki riwayat kolesterol," kata Elda kepada detikcom, Selasa (20/7/2021).

Untuk menjaga kesehatan tubuh, lanjut Elda, daging sapi atau kambing yang dikonsumsi per hari cukup 50 hingga 100 gram. Cara memasak daging juga harus diperhatikan.

"Memasak dengan kuah gulai kental dan banyak garam perlu diwaspadai karena tentu kandungan lemak bertambah. Hindari daging yang bergajih karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan darah tinggi," jelasnya.

Ia juga menyarankan, saat mengkonsumsi daging harus diimbangi dengan sayuran. Agar gizi tetap imbang dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging.

"Pembatasan makan daging untuk kesehatan ini juga berlaku untuk anak-anak. Sebaiknya konsumsi daging untuk anak juga diperhatikan. Prinsipnya apapun yang berlebihan tidak akan baik," pungkasnya.

Simak Video: Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)