Sapi Kurban di Lumajang Ngamuk Sebelum Disembelih dan Nyaris Serang Warga

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 17:33 WIB
Seekor sapi kurban di Lumajang mengamuk sebelum disembelih. Diduga sapi mengamuk karena panik banyak warga yang memeganginya.
Sapi kurban di Lumajang mengamuk sebelum disembelih/Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom
Lumajang -

Seekor sapi kurban di Lumajang mengamuk sebelum disembelih. Diduga, sapi mengamuk karena panik banyak warga yang memeganginya.

Sapi jenis Madura tersebut tiba-tiba mengamuk ketika hendak disembelih di halaman Masjid Jami Khoirun Najah, Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun. Sapi tersebut memang terlihat agresif sejak datang di halaman masjid.

Bahkan, sapi sempat hendak menyerang warga. Warga yang hendak membantu memegang sapi pun berhamburan takut diserang.

Namun sapi ini akhirnya bisa diamankan warga dan dirobohkan, sebelum akhirnya disembelih. Diduga, sapi kurban tersebut mengamuk karena panik ketika warga memeganginya.

"Sapi Madura dari awal kita dapatkan memang terlihat agresif. Sehingga ketika hendak disembelih sapinya memberontak dan mengamuk. Tapi alhamdulillah sudah bisa dikendalikan dan akhirnya bisa disembelih," ujar Sekretaris Takmir Masjid Khoirun Najah, Harwandi kepada detikcom, Selasa (20/7/2021).

Panitia membagikan daging kurban secara door to door ke rumah warga. Ini untuk menghindari kerumunan di masa PPKM Darurat.

"Melihat kondisi sekarang masih pandemi dan penerapan PPKM Darurat, sehingga pembagian daging door to door ke rumah warga," imbuh Harwandi.

Warga merasa terbantu dengan adanya pembagian daging kurban tersebut. Sebab tidak perlu mengantre di masjid.

"Kita merayakan hari raya di rumah dan untuk pembagian daging kita tidak perlu datang ke masjid, tapi diantarkan ke rumah-rumah. Sehingga sangat membantu sekali," ujar salah satu warga Desa Darungan, Ilmiyawati.

Ada 5 sapi dan 16 kambing yang disembelih di halaman Masjid Khoirun Najah. Daging kurban tersebut distribusikan kepada 550 keluarga.

(sun/bdh)