100 Hewan Kurban Dibagikan ke Warga Sekitar Tambang Emas Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 20:07 WIB
pt bsi sumbang hewan kurban
PT BSI sumbang lebih dari 100 hewan kurban ke warga sekitar (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Idul Adha tahun ini masih dalam pandemi COVID-19. Diberlakukannya PPKM Darurat membuat masyarakat susah dalam perekonomian.

Untuk memberikan semangat masyarakat dalam Idul Adha, PT Bumi Suksesindo membagikan seratus lebih hewan kurban kepada masyarakat sekitar tambang. Jumlah ini dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya dengan total nilai Rp 1 miliar.

Tahun ini, total ada 41 ekor sapi dan 75 ekor kambing diserahkan oleh Tim External Affairs PT BSI, Sabtu (19/7/2021). Penyerahan hewan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hewan-hewan kurban tersebut juga termasuk dari kontraktor dan mitra-mitra BSI, yaitu PT Trans Continent, PT Prasmanindo Boga Utama, Koperasi Bumi Lembah Seroja Sejahtera Rowojambe, CV Mulya Abadi, dan PT Nawakara.

Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono mengatakan pihaknya mulai menyiapkan program ini lebih dari satu bulan. Hal ini untuk memastikan program bisa berjalan dengan baik di tengah pembatasan-pembatasan dan, terutama, bisa ikut mendorong ekonomi masyarakat sekitar perusahaan.

PT BSI mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar lebih untuk program kurban tahun ini. Dalam implementasinya, Tim External berkomunikasi dengan para peternak dan pedagang hewan di sekitar perusahaan untuk bisa menyediakan kebutuhan hewan kurban tersebut.

"Kami ingin semua program BSI bisa bermanfaat bagi masyarakat. Dalam hal ini, para peternak dan pedagang hewan di lingkungan kami," kata Sudarmono.

Pelaksanaan Idul Adha tahun ini masih dibayangi dengan gelombang kasus positif COVID-19 yang meningkat drastis, hampir menyentuh angka tiga juta kasus secara nasional.

Angka terkonfirmasi juga sangat tinggi, yaitu 44.741 dan 56.757 sehari sebelumnya. Angka ini masih diperparah dengan tingginya angka kematian akibat virus ini 2.298 orang dalam dua hari terakhir.

Oleh karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak menggelar salat Idul Adha, baik di masjid maupun lapangan, melalui Kementerian Agama Republik Indonesia. Kemenag meminta masyarakat melaksanakan salat di rumah masing-masing.

"Kita juga berpesan agar penyembelihan hewan kurban dan pembagian hewan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Pandemi ini bukan hanya berdampak terhadap kesehatan masyarakat, tapi juga terhadap perekonomian mereka. Banyak orang kehilangan pekerjaan. Para petani gagal menjual hasil panennya ke luar daerah akibat penyekatan di mana-mana. Aktivitas ekonomi dibatasi. Pasar sepi pembeli. Dan orang-orang yang harus isolasi mandiri tidak bisa bekerja.

"Semoga bantuan hewan kurban ini bisa memberi sedikit kebahagiaan di masa sulit ini," kata Sudarmono.

Bersamaan dengan program bantuan hewan kurban ini, Bumi Suksesindo juga menyiapkan 100 paket sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Dalam pendistribusiannya, perusahaan bekerja sama dengan Satgas COVID-19.

"Agar bantuan tepat sasaran," imbuh Sudarmono.

(iwd/iwd)