Hari Buruh, Pekerja Tambang Emas Banyuwangi Bagikan Bingkisan dan Santunan

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 17:19 WIB
may day di banyuwangi
May day di Banyuwangi dilakukan dengan membagikan sembako (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Hari Buruh Internasional atau may day tak harus dilakukan dengan turun di jalan menggelar aksi demo. Apalagi di masa pandemi saat ini. Di Banyuwangi, perayaan hari buruh internasional digelar dengan membagikan sembako dan santunan anak yatim, kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hal itu dilakukan oleh karyawan PT Bumi Suksesindo (BSI), operator tambang emas di Banyuwangi, saat memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Sabtu (1/5/2021). Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Perindustrian Kabupaten Banyuwangi, Alam Sudrajat, Forpimka Pesanggaran, para kepala desa se-Kecamatan Pesanggaran dan perwakilan buruh.

Mereka menggelar bakti sosial dengan membagikan sembako dan santunan kepada anak yatim. Sebanyak 6 anak yatim piatu dan 10 warga sekitar menjadi perwakilan menerima bingkisan, karena sengaja dibatasi karena pandemi COVID-19. Acara tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Dalam May Day kali ini, Bumi Suksesindo mengadakan bakti sosial berupa santunan yatim piatu dan kaum duafa secara simbolis. Karena masih pandemi, kami membatasi acara ini," kata perwakilan manajemen PT BSI, Hidayat Purwoko kepada detikcom.

may day di banyuwangiFoto: Ardian Fanani

Total ada 96 paket santunan yatim piatu dan 3.878 paket sembako untuk masyarakat. Paket santunan itu kemudian dibagikan langsung kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja PT BSI, Yan Probo Hanggoro, menyampaikan keinginannya sebagai karyawan, yaitu membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar perusahaan.

"Oleh karena itu, kami lebih memilih kegiatan bakti sosial," katanya.

Bagi serikat pekerja, kegiatan bakti sosial bukanlah hal baru. Selama ini, anggota serikat sudah sering melakukan hal yang sama secara rutin tiap bulan. Dana berasal dari iuran rutin karyawan.

Selanjutnya
Halaman
1 2