Jumlah Hewan Kurban yang Akan Disembelih di RPH Blitar Naik 3 Kali Lipat

Erliana Riady - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 16:43 WIB
Idul Adha 2021 bertepatan dengan hari terakhir PPKM Darurat. Sehingga banyak pembatasan termasuk soal menyembelih hewan kurban.
Hewan kurban yang akan disembelih di RPH Blitar/Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar - Idul Adha 2021 bertepatan dengan hari terakhir PPKM Darurat. Sehingga banyak pembatasan termasuk soal menyembelih hewan kurban.

Banyak hewan kurban yang akhirnya dibawa ke rumah pemotongan hewan (RPH) untuk disembelih, agar tidak menimbulkan kerumunan. Sehingga jumlah hewan kurban di RPH Blitar naik tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Disnakkan Kabupaten Blitar Nanang Miftahudin mengatakan, dalam data sampai hari ini, ada 45 hewan kurban yang didaftarkan untuk disembelih di tiga RPH milik Kabupaten Blitar.

"Di RPH Srengat ada 25, Wlingi sebanyak 12 dan Kademangan masih 8 ekor hewan kurban," papar Nanang kepada detikcom, Senin (19/7/2021).

Jumlah ini naik tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang hanya 15 hewan kurban. Nanang menyebut, makin banyaknya hewan kurban yang disembelih di RPH karena adanya pengarahan selama masa PPKM Darurat.

"Masyarakat kan memang diarahkan untuk menyembelih hewan di RPH selama PPKM Darurat berjalan, untuk mengurangi kerumunan masyarakat yang berpotensi terjadinya penularan virus Corona," ungkapnya.

Penyembelihan dijadwalkan selama empat hari untuk mengurangi kerumunan di RPH. Tiga RPH di Kabupaten Blitar melayani penyembelihan hewan kurban secara gratis mulai tanggal 20 hingga 23 Juli mendatang. Mereka yang sudah mendaftar akan diberikan jadwal agar tidak datang bersamaan.

"Biasanya satu sapi itu butuh waktu penyembelihan, pengulitan, mengeluarkan jeroan itu kan sekitar satu jam. Nah nanti giliran masuknya RPH antara panitia masjid satu dengan masjid lainnya. Dan semua panitia wajib taat prokes COVID-19," pungkasnya. (sun/bdh)