Cerita Tim Pemakaman Jenazah COVID-19 Bondowoso, Dikejar-kejar Warga Lalu Diusir

Chuck Shatu Widarsa - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 12:45 WIB
Puluhan Warga di Bondowoso Rebut Paksa Jenazah COVID-19 dan Bakar Petinya
Warga bakar peti jenazah COVID-19 (Foto: Istimewa)
Bondowoso -

Puluhan warga Bondowoso merebut paksa jenazah COVID-19. Mereka kemudian membuka peti, memandikan, menyalatkan, lalu memakamkan dengan cara normal. Padahal, jenazah merupakan pasien COVID-19.

Demi keselamatan, petugas pun kabur menyelamatkan diri dari amuk massa. Langkah tersebut terpaksa dilakukan karena massa sudah terkonsentrasi di sekitar mobil yang ditumpangi. Bahkan, massa sambil berteriak-teriak tampak beringas.

"Saya bersama tim akhirnya kabur menyelamatkan diri," tutur salah seorang anggota tim pemulasaraan Satgas COVID-19 Bondowoso, Kustari, saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (17/7/2021).

Kustari menyebutkan, kejadian itu memang tidak pernah diduganya sebelumnya. Secara mendadak, warga sudah mengelilingi mobil ambulan dan mobil tim pemulasaraan yang memang akan memakamkan jenazah.

"Untung saya dimasukkan ke rumah salah seorang warga sini. Hingga massa emosinya mereda. Saya lalu dihardik untuk segera meninggalkan lokasi," imbuh Kustari, yang mengaku sejak pandemi memang jadi tim pemakam pasien COVID-19 di Bondowoso.

Baca juga: Tolak Pemakaman COVID-19, Warga Bondowoso Rebut Jenazah dan Bakar Peti

Informasi diperoleh, amuk massa memang menyasar mobil ambulan dan tim pemakam COVID-19 Satgas. Massa bukan cuma merebut paksa jenazah yang sudah dipeti. Tapi juga mengejar tim pemakaman.

Sebelumnya, puluhan warga di Bondowoso melakukan aksi perebutan paksa dari jenazah pasien COVID-19. Mereka kemudian membuka peti, memandikan, menyalatkan, lalu memakamkan dengan cara normal. Padahal, jenazah memang merupakan pasien COVID-19.

Tak cuma itu. Warga kemudian mengeluarkan jenazah yang memang terbukti positif COVID-19 tersebut. Lalu memandikan, menyalatkan, dan mengebumikan sendiri, tanpa prokes. Bahkan, mereka juga langsung membakar peti jenazahnya.

Kejadian perebutan paksa tersebut terjadi di Desa Kemirian, Tamanan, Bondowoso, Jumat (16/7/2021) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Pasien meninggal yakni P. Anis (45), warga desa setempat.

Lihat juga Video: Petugas Pemakaman Jenazah COVID-19 di Subang Mogok Kerja

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)