Inovasi Gazebo Akad Nikah Ala KUA di Lamongan, Konsep Prokes COVID-19

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 08:40 WIB
Gazebo Nikah Ala KUA di Lamongan untuk Akad Nikah
Tempat yang disulap jadi lokasi akad nikah (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

KUA di Lamongan ini berinovasi dengan 'menyulap' bangunan di belakang kantor jadi gazebo indah untuk akad nikah. Sehingga pengantin, orangtua dan saksi melakukan prosesi di tempat terbuka sesuai prokes COVID-19.

Prosesi akad nikah selama PPKM Darurat wajib menyertakan hasil swab antigen dan dihadiri 6 orang. Pembatasan orang yang hadir ini menghindari kerumunan dan meminimalisir penyebaran COVID-19. Saat pengantin dan saksi duduk pun diberi jarak aman sesuai prokes.

Apa yang dilakukan KUA Karangbinangun ini memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, pelaksanaan akad nikah bukan di dalam kantor, tapi di belakang kantor yang telah mereka 'sulap' sedemikian rupa.

"Kami menyediakan tempat di belakang kantor kami sebagai lokasi akad nikah," kata Kepala KUA Karangbinangun Lamongan MB Soleh saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (17/7/2021).

KUA Karangbinangun ini menyulap lahan di belakang kantor mereka menjadi tempat akad nikah dengan mendirikan sebuah gazebo mini. Gasebo ini hanya bisa muat beberapa orang saja yang berkepentingan selama prosesi akad nikah. Tak hanya tempat, 'gazebo' nikah ini juga dihias layaknya pelaminan dan menghilangkan kesan pernikahan di dalam kantor KUA.

Baca juga: Menikah Wajib Tes Antigen Selama PPKM Darurat, Ini Kata Calon Pengantin

Inovasi Gazebo Akad Nikah Ala KUA Lamongan/ Foto: Eko Sudjarwo

"Tempat terbuka ini bertujuan agar akad nikah tidak dilakukan di dalam ruangan yang rawan penyebaran virus saat pandemi COVID-19. Diharapkan, akad nikah di tempat terbuka ini sesuai PPKM Darurat," terangnya.

Layaknya sebuah pelaminan, di latar belakang 'gazebo nikah' ini juga terpasang backdrop dan bunga-bunga hias untuk mempercantik suasana. Nuansa riang dari sebuah pelaminan hadir di gazebo nikah ini melalui pernik hiasan tersebut dan juga karpet merah. Suasana ruang terbuka juga langsung terasa karena gazebo ini berdiri di belakang kantor dan menghadap areal hijau persawahan.

"Selain itu, gazebo ini juga bisa dimanfaatkan sebagai background foto-foto untuk mengabadikan momen bersejarah," ujarnya.

Beberapa pengantin yang sudah melakukan akad nikah juga mengabadikan momen bersejarah mereka di gazebo tersebut. Selama PPKM Darurat ini, gazebo nikah inipun menjadi jujugan pasangan yang akan menikah bersama wali dan saksi nikah mereka.

Lihat Video: Satgas: Keadaan Tak Baik-baik Saja, Senjata Ampuh Kita Jalankan Prokes!

[Gambas:Video 20detik]




(fat/fat)