Round-Up

Misteri Kematian Gadis 19 Tahun yang Ditemukan Membusuk dan Hamil 9 Bulan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 08:07 WIB
pembunuhan di madiun
Kos tempat jenazah Ica ditemukan (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Kematian Ica Puspita Dewi Anggraini masih menyisakan misteri yang belum terungkap. Kematian gadis 19 tahun itu dianggap janggal. Namun polisi belum mengambil kesimpulan apapun dari kematiannya.

Ica ditemukan tewas pada Senin (12/7) sekitar pukul 21.00 WIB di kos yang ditinggalinya di Jalan Pattimura, Caruban, Madiun. Penghuni kos lain mencium aroma tak sedap yang setelah dicari tertuju pada kamar Ica.

Saat ditemukan, jenazah Ica telah membusuk. Polisi menyebut Ica telah tewas sekitar 3 hari sebelumnya. Dan yang mengejutkan, Ica ternyata juga hamil sekitar 9 bulan.

"Kondisi jenazah memang sedang hamil, hamil anak laki-laki. Perkiraan sembilan bulan" ujar Kasat Reskrim Polres Madiun AKP Ryan Wira Raja Pratama kepada wartawan di RSUD Caruban Selasa (13/7/2021).

Selain itu, polisi juga menemukan ada luka pada tubuh gadis warga Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, Madiun itu. Terdapat luka memar yang ditemukan pada jenazah Ica ada dua titik di kepala bagian atas dan samping kanan.

Meski menemukan ketidakwajaran, namun polisi belum berkesimpulan. Ryan mengatakan ada dua kemungkinan yang terjadi yakni bunuh diri dan kriminal. Namun sejauh ini polisi belum bisa menyebutkan pasti penyebab kematian korban.

"Saat ini masih pemeriksaan lanjutan di bidang forensik, kepastian ini pembunuhan belum bisa, tapi ada ketidakwajaran. Saya tidak bisa menjawab berapa persentasenya, karena akan terus melakukan penyelidikan," kata Ryan.

"Karena memang hal ini ada ketidakwajaran, apakah itu ada kejahatannya ataukah memang bunuh diri itu kan tentu tidak wajar," imbuhnya.

Ryan menyebutkan ada tiga hal ketidakwajaran kematian korban yakni kondisi kehamilan 9 bulan, ada temuan luka memar, dan tinggal sendirian di kos. Ada ketidakwajaran lain juga yang disampaikan oleh keluarga korban.

Keluarga menyebut bahwa Ica pamit kepada keluarganya hendak mencari pekerjaan di Surabaya. Dari pengakuan keluarga, kata Ryan, korban berpamitan ingin mencari kerja sebelum lebaran 2021 kemarin. Sedangkan dari keterangan penghuni kos yang lain, lanjut Ryan, bahwa korban memang sedang mencari kerja.

"Pamitan ke keluarga sejak sebelum lebaran kemarin. Pamit cari kerja. Dari keterangan penghuni kos masih belum kerja dan sedang cari kerja," lanjut Ryan.

Ryan mengaku sudah mengamankan CCTV milik kos untuk mencari petunjuk dan bukti. Sayangnya CCTV itu rusak. Harapan polisi kini ada di ponsel Ica yang mungkin saja bisa menjadi petunjuk atas kasus itu. Polisi juga sudah memeriksa 10 orang saksi yang merupakan teman dekat Ica.

Lihat juga Video: PMI Solo Berduka, Hari Ini 1 Nakes Gugur dalam Keadaan Hamil

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)