Belasan Mobil Dinas Pemkot Surabaya Disulap Jadi Ambulance dan Mobil Jenazah

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 16:30 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Setelah membuka layanan puskesmas 24 jam, kini belasan mobil dinas (Mobdin) Pemkot Surabaya disulap jadi ambulance dan mobil jenazah. Total ada 15 kendaraan.

"Sudah jadi, mobil dinas kita sudah jadi mobil jenazah dan mobil ambulan," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada wartawan, Rabu (14/7/2021).

Eri mengaku pelayanan puskesmas dibuka 24 jam ini karena mobil dinas yang dimodifikasi jadi ambulance sudah memadai dan tersedia.

"Kenapa buka 24 jam, karena mobil dinas sudah menjadi mobil jenazah dan mobil ambulance. Makanya kita buka puskesmas 24 jam, karena mobilnya sudah banyak," jelasnya.

Baca juga: Kapan PPKM Darurat Terbukti Tekan Lonjakan Kasus COVID-19?

Mobil dinas yang disulap menjadi ambulance pun tak banyak modifikasi. Yakni kursi bagian belakang diambil, lalu ditambahkan sirine di atas mobil.

"Jadi mobil dinas kita copot belakangnya dijadikan mobil jenazah, ini maksimal yang sudah kita lakukan. Dimodifikasi," ujarnya.

Dia mengatakan nantinya ada 30 unit mobil dinas yang menjadi ambulance dan mobil jenazah.

"Yang sudah jadi 15 unit, target kita sekitar 20 unit. Yang sudah ada sekitar 15 unit, jadi ketambahan 15 unit, ada 30 unit. Nanti akan kita tambah lagi, kalau perlu tambah, kita tambah lagi," pungkasnya.

(fat/fat)