Warga Sidoarjo Dirikan Dapur Umum untuk Bikin Nasi Bungkus Bagi yang Isoman

Suparno - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 14:09 WIB
Warga Sidoarjo mendirikan dapur umum. Di dapur itu, mereka menyiapkan makanan untuk dibagikan ke warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman).
Warga menyiapkan makanan untuk dibagikan ke yang menjalani isolasi mandiri (isoman)/Foto: Suparno
Sidoarjo -

Warga Sidoarjo mendirikan dapur umum. Di dapur itu, mereka menyiapkan makanan untuk dibagikan ke warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Salah seorang warga, Mimik Idayana mengatakan, makanan itu diolah langsung di dapur umum tersebut. Kemudian didistribusikan ke warga yang isoman di seluruh kecamatan di Sidoarjo.

"Setiap harinya ada ratusan paket makanan yang didistribusikan ke warga yang isoman, dari dapur umum ini," kata Mimik di dapur umum, Selasa (12/7/2021).

Mimik menjelaskan, dapur umum didirikan sebagai upaya untuk membantu warga yang isoman. Setiap harinya, dapur umum ini mengirim 400 nasi bungkus.

Dana untuk mendirikan dapur umum ini dari kantong Mimik sendiri. Untuk memasak makanan, ia dibantu emak-emak dari Perum AL di Desa Sugihwaras, Candi.

"Dapur umum ini kami buat mulai dua hari lalu. Setiap pagi, kami menyediakan sekitar 400 nasi bungkus untuk disalurkan kepada mereka yang sedang isolasi mandiri," jelas Mimik.

Pendistribusian nasi bungkus tersebut dibantu relawan yang mengantarkan ke alamat yang tepat. Mereka telah mengantongi data, siapa saja yang sedang isoman dan membutuhkan bantuan.

Mimik menambahkan, bantuan nasi bungkus tersebut akan terus disalurkan hingga menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Setelah Idul Adha, dapur umum ini akan kembali diteruskan. Semoga saja semakin banyak warga yang sembuh dan pandemi ini segera berakhir. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi mereka," pungkas Mimik.

(sun/bdh)