Saat Siswa di Surabaya Takut dan Menangis Ketika Disuntik Vaksin

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 14:51 WIB
vaksinasi anak di surabaya
Siswi yang takut disuntik (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Ribuan siswa SD dan SMP usia 12-17 tahun antusias mengikuti vaksinasi di Stadion Tambaksari atau Gelora 10 November (G10N). Mayoritas siswa yang vaksin pun tidak takut disuntik. Namun ada beberapa siswa yang ketakutan hingga menangis menjerit.

Dari pantauan detikcom, terdapat tiga siswa yang menangis saat akan disuntik vaksin. Bahkan siswa tersebut harus dirayu berjam-jam oleh banyak orang agar tidak takut dan mau disuntik.

Seperti Nadia Sekar Agung, siswi SD yang harus dibujuk orang tua dan petugas sejak pukul 10.00 WIB. Kemudian baru bisa divaksin pukul 12.15 WIB setelah dipaksa.

"Emoh, wedi aku, takut," kata Nadia sambil mengusap air matanya.

vaksinasi anak di surabayaFoto: Esti Widiyana

Usai berhasil disuntik, Nadia pun disambut dengan banyak tepuk tangan dari para nakes.

Kemudian Salma Feriansyah Ramadani (12), siswi SDN Pacar Kembang 1 yang juga harus dibujuk sebelum disuntik. Salma yang ketakutan membuat nakes susah untuk menyuntik. Sebab, tangan kirinya yang akan disuntik terus ditarik sambil menangis.

Salma pun akhirnya berhasil disuntik setelah dipegangi oleh 3 orang dan diberi aplaus. Usai disuntik vaksin, ia masih melanjutkan menangis karena masih takut.

"Iya takut, tadi di rumah sudah siap-siap lho, takut jarum suntik anaknya. Setelah dibujuk akhirnya bisa. Emang anaknya takut jarum suntik," kata Nurita Hariyanti, Ibu dari Salma.

Kemudian ada salah satu siswa SMP yang enggan ditanya nama dan asal sekolahnya. Namun, sebelum disuntik, ia menangis histeris. Saking histerisnya dan susah untuk dibujuk, siswi berkaca mata ini pun sampai ditinggal ibunya. Namun petugas mencegah ibunya dan meminta untuk menemani anaknya.

"Takut.. sakit..," jerit gadis tersebut kepada nakes.

Petugas pun mendatangi dan mencoba menenangkannya. Namun petugas tersebut tiba-tiba menyodorkan mic kepada siswa itu hingga tangisannya terdengar di seluruh G10N, beberapa orang yang mendengar pun menengok dan tertawa.

Simak juga 'Kesan-kesan Siswa SMAN 20 Jakarta Usai Vaksinasi COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)