Empat Pencuri 'Pocong' di Lamongan Diamankan

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 14:26 WIB
Polisi mengungkap kasus pencurian pocong di Alun-alun Lamongan. Polisi menangkap 4 pelaku dan 2 di antaranya masih anak-anak.
'Pocong' yang dicuri/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan - Polisi mengungkap kasus pencurian 'pocong' di Alun-alun Lamongan. Polisi menangkap 4 pelaku dan 2 di antaranya masih anak-anak.

Dalam informasi yang dihimpun, dua pelaku dewasa yakni Budi (44) warga Desa Baturono, Kecamatan Sukodadi dan Alif (24) warga Jalan Andansari, Kecamatan Lamongan. Sementara dua pelaku yang masih di bawah umur mengaku meniru perbuatan pelaku yang dewasa.

"Ya, 4 pelaku berhasil kami amankan, 2 di antaranya masih di bawah umur," kata Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana saat konferensi pers di Mapolres Lamongan, Sabtu (10/7/2021).

Miko mengatakan, tersangka Budi adalah pelaku pertama yang mencuri 'pocong'. Manekin pocong itu sebenarnya dijadikan sebagai media informasi pada masyarakat untuk patuh terhadap prokes. Ketika itu, Budi berangkat bersama Alif, berboncengan dengan sepeda motor menuju alun-alun.

"Begitu turun dari sepeda motor, yang bersangkutan langsung mencomot pocong tersebut dan dibopong menuju sepeda di mana Alif menunggu di badan jalan," ujar Miko.

'Pocong' tersebut kemudian digendong Budi dan dibawa pulang dengan niatan untuk menakut-nakuti temannya yang bernama Adit. Namun, niat tersebut belum kesampaian karena aksinya keburu viral di medsos.

"Karena takut, yang bersangkutan kemudian mengembalikan manekin pocong tersebut ke alun-alun. Namun sampai kini pocong yang dikembalikan ke alun-alun tersebut tidak ditemukan," tuturnya.

Aksi Budi dan Alif mengambil pocong yang ada di alun-alun itu ternyata diikuti oleh 2 pelaku lain yang masih di bawah umur. Mereka berboncengan mengambil dan membawa pocong tersebut ke rumah dan menaruhnya di talang air.

"Dua pelaku yang masih di bawah umur ini ternyata juga mengikuti perkembangan medsos dan berniat mengembalikan pocong ke tempat semula dan berhasil diamankan saat mereka mau mengembalikan pocong itu," jelas Miko.

Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP Yoan Septi Hendri menambahkan, keempat pelaku kini harus menanggung akibatnya dan sudah ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini, pihaknya masih melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap semua pelaku.

Lihat juga Video: Hii... Ada 'Pocong-Kuntilanak' di Ciamis Soroti Larangan Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)