TNI/Polri di Ponorogo Tanam Sayur Hidroponik, Hasilnya Dibagi ke Warga Isoman

Charoline Pebrianti - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 10:51 WIB
sayuran hidroponik
Hasil panen sayuran hidroponik dibagikan ke warga yang isoman (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Babinsa dan Bhabinkantibmas Kelurahan Nologaten, Ponorogo bertanam sayuran secara hidroponik. Hasil panennya di masa pandemi ini dibagikan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri.

Anggota Bhabinkantibmas Aipda Agestya Widiatmoko menjelaskan program ini disebut dengan inovasi ketahanan dapur di Kelurahan Nologaten.

"Ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, saat pandemi bisa jadi alternatif hiburan. Bertanam di lahan terbatas," tutur Ages kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Ages mengatakan dengan bertanam hidroponik bisa mencukupi pangan secara mandiri. Tanaman yang ditanam secara hiroponik adalah sayur bayam, pakcoy, sawi, serta ternak ikan lele yang bisa dijadikan lauk.

sayuran hidroponikFoto: Charoline Pebrianti

"Memanfaatkan ember atau media kolam terpal bisa menanam sayur secara hidroponik," terang Ages.

Menurut Ages, untuk media tanam pun hasil dari swadaya masyarakat. Mulai dari botol bekas hingga triplek dan terpal hasil iuran warga.

"Ini bahan membuat hidroponik ada sumbangan dari warga, seperti botol bekas, triplek hasil sumbangan warga yang mendukung kegiatan ini," tandas Ages.

Makanya, lanjut Ages, hasil panen pertama baik sayur dan ikan lele diberikan kepada warga yang membutuhkan. Terutama saat ini untuk warga yang melaksanakan isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

"Kita berikan ke warga yang isoman, di Nologaten ada 4 rumah yang sedang isoman, kemarin kami beri sayur dan ikan lele 8 kilogram," imbuh Ages.

Anggota Babinsa Sertu Vandik Tristiantoro mengimbau masyarakat agar patuh 5M di angka COVID-19 yang meninggi.

"Imbauannya agar masyarakat mematuhi 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan," pungkas Vandik.

(iwd/iwd)