Wisata Religi di Lamongan Tutup Selama PPKM Darurat

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 11:34 WIB
Makam Sunan Drajat merupakan salah satu wisata religi di Lamongan. Namun makam ini tutup selama PPKM Darurat.
Kawasan Makam Sunan Drajat/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Makam Sunan Drajat merupakan salah satu wisata religi di Lamongan. Namun makam ini tutup selama PPKM Darurat.

Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan Miftah Alamuddin membenarkan, Makam Sunan Drajat yang berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran tutup sejak 3 Juli 2021.

"Iya, Makam Sunan Drajat di Paciran tutup sementara sejak 3 Juli lalu," kata Miftah saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (6/7/2021).

Menurut Miftah, Makam Sunan Drajat ditutup sementara mengingat kasus COVID-19 di Lamongan yang terus naik. Sehingga, merujuk aturan dari Mendagri serta SE Bupati Lamongan, maka pengelola memutuskan untuk menutup sementara demi memutus penyebaran virus Corona.

"Kami mohon maaf kepada semua kaum muslimin dan muslimat serta para peziarah, baik para peziarah dari Lamongan maupun dari wilayah lainnya. Semoga kondisi ke depan menjadi lebih baik," ungkap Miftah.

Pantauan di lapangan, penutupan wisata religi Makam Sunan Drajat ditandai dengan pemasangan banner di pintu masuk. Banner ini bertuliskan 'Mohon Maaf Tutup Sementara'.

Tak ada kendaraan parkir di kawasan wisata ini. Berbeda dengan kondisi sebelum PPKM Darurat. Biasanya ada kendaraan wisatawan.

"Tempat wisata religi lainnya, seperti Sunan Sendang Duwur dan Makam Syeh Maulana Iskak juga tutup," terang Miftah.

Ia mengajak semua pihak untuk tetap patuh dan taat protokol kesehatan. Hal yang sama juga terjadi di lokasi wisata umum yang ada di Lamongan. Seperti Wisata Bahari Lamongan serta Maharani Zoo dan Goa Lamongan.

"Iya Mas, kami juga menutup layanan wisata untuk PPKM Darurat ini sesuai dengan instruksi Mendagri dan SE Bupati Lamongan," kata Koordinator Marketing Maharani Zoo dan Goa Lamongan, Juli Tri Wahyuningtyas yang dihubungi terpisah.

Tonton juga Video: 3 Tower di RSD Wisma Atlet Kini Khusus Rawat Pasien Corona Gejala Berat

[Gambas:Video 20detik]




(sun/bdh)