PPKM Darurat Hari Efektif Pertama di Bundaran Waru, Masuk Surabaya Sempat Macet

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 10:25 WIB
penyekatan di bundaran waru saat ppkm darurat surabaya
Penumpukan kendaraan di Bundaran Cito/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Penyekatan PPKM Darurat terus digelar di Bundaran Waru depan CITO Mal. Tadi pagi, hari efektif pertama sempat terjadi penumpukan kendaraan di pintu masuk Kota Surabaya tersebut.

Pantauan detikcom sekitar pukul 08.15 WIB, kemacetan tampak mengular sekitar 800 meter. Namun sekitar pukul 08.30 WIB penumpukan kendaraan mulai terurai.

Pemeriksaan dilakukan petugas gabungan di Jalan Ahmad Yani. Petugas gabungan itu mulai dari Linmas, Satpol PP, Dishub dan polisi.

Kendaraan di luar pelat W dan L serta pengendara yang tidak bisa menunjukkan surat-surat yang ditentukan, diputar balik. Surat-surat yang ditentukan itu seperti surat keterangan kerja, surat keterangan tes PCR atau swab antigen.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra membenarkan soal kemacetan yang terjadi di Bundaran Cito, karena adanya pemeriksaan kendaraan dalam PPKM Darurat.

"Jadi ini hari ketiga PPKM Darurat. Hari ini juga yang WFO (work from office) 50 persen masih ada yang beraktivitas kerja," kata Teddy saat dikonfirmasi detikcom, Senin (5/7/2021).

Teddy menambahkan, pihaknya berharap sektor esensial dan nonesensial benar-benar mematuhi aturan PPKM Darurat. Menurutnya itu bisa berdampak pada arus lalu lintas.

"Mana anggotanya atau personel (pekerja) harus benar memilah di kantor hanya 50 persen. Sehingga terlihat juga dampak lalu lintasnya. Crowded memang karena ini aktivitas kerja dari jam 06.00 sampai 08.30 WIB memang padat-padatnya. Dan kita betul-betul melakukan pemeriksaan betul-betul ketat dengan jumlah personel yang besar," ungkap Teddy.

Ia juga menegaskan, kendaraan di luar pelat L dan W menjadi prioritas pemeriksaan oleh petugas gabungan. Sedangkan kendaraan yang boleh masuk selama ada aturan 50 persen WFO, pengendara harus menunjukkan surat tugas, surat keterangan tes PCR atau surat keterangan swab antigen.

(sun/bdh)